Cegah Corona, Kendaraan ke Kuningan Diperiksa di Enam Pos Terpadu Lapangan




KUNINGAN (KN),- Untuk mengantisipasi virus Corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mulai hari ini setiap orang di dalam kendaraan roda empat maupun naik sepeda motor yang masuk ke Kuningan diperiksa di 6 Pos Terpadu Lapangan dan diberikan layanan informasi mengenai Covid-19.   

Data yang dihimpun dari Crisis Center Covid-19 Kabupaten Kuningan, menyebutkan, keenam pos tersebut berada di Pandapa Paramarta, Pertigaaan Pakembangan Pancalang, Tugu Ikan Sampora, Cikeusik Cidahu, Cipasung dan Tugu Perbatasan Cibingbin.

“Tiap pos ada tim dari kesehatan, masalah teknis mereka yang berwenang seusai dengan sarana yang ada,” katanya kepada kamangkaranews.com melalui WhatsApp, Kamis (26/3/2020).

Dikatakan, petugas lapangan akan menyampaikan penjelasan kepada pendatang, yaitu, setiba di rumah jangan langsung bersalaman atau berpelukan. Cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir. Ganti pakaian dan pakaian bekas perjalanan langsung direndam dalam air detergen.

Kemudian, setiap pendatang wajib lapor ke RT atau kadus akan didata oleh RT maupun kadus. Tidak keluar rumah selama 14 hari, bila berjemur jaga jarak dengan  orang lain sekitar 1,5 m.

Bila ada keluhan demam, batuk, sesak diare, mual atau muntah nyeri otot, nyeri tenggorokan, segera lapor kepada ketua RT atau kadus dan periksakan diri ke puskesmas atau dokter swasta dengan menggunakan masker.

Penjelasan lainnya, kamar tidur, handuk, alat makan minum terpisah. Selalu menggunakan masker. Laksanakan etika batuk dan bersin. Cukup makan, minum dan istirahat.

Bila masker tidak ada harus membuat sendiri dari kain atau apapun. Sering cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir (sabun mandi atau sabun cuci piring juga bisa digunakan).

“Bersihkan rumah setiap hari dengan cairan desinfektan terutama benda-benda yang disentuh oleh penderita dan jangan lupa informasi ini dishare ke orang lain,” harapnya.

deha
Sumber : Crisis Center Covid-19 Kabupaten Kuningan.


Diberdayakan oleh Blogger.