Presiden Jokowi : Pemerintah Mulai Menata Soal Riset dan Inovasi

BUSAN (KN),- Saat bertemu dengan para ilmuwan dan peneliti dari Indonesia yang berada di Korea Selatan, Presiden Joko Widodo mengata...




BUSAN (KN),- Saat bertemu dengan para ilmuwan dan peneliti dari Indonesia yang berada di Korea Selatan, Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah mulai menata soal riset dan inovasi. 

“Diharapkan, setelah pembangunan SDM, pemerintah akan mulai berfokus pada pengembangan riset dan inovasi secara besar-besaran,” kata Presiden Jokowi di Hotel Lotte, Busan, Senin (25/11/2019). 

Pemerintah tengah berfokus untuk menyelesaikan satu per satu pekerjaan besar di Indonesia. Setelah berfokus pada pembangunan infrastruktur pada lima tahun ke belakang, kini pemerintah akan berfokus pada pembangunan sumber daya manusia pada lima tahun berikutnya. 

"Kita tidak ingin pikiran kita itu semuanya kita kerjakan, dan enggak ada hasilnya semuanya. Jadi pemerintah sekarang ini ingin bekerjanya fokus, gampang dikontrol, dicek, diawasi, sehingga tidak semuanya. Memang ini kita baru menata untuk riset dan inovasi," katanya. 

Selain itu, di ibu kota baru nantinya Presiden ingin agar dirancang sebuah cluster besar untuk riset dan inovasi, di samping cluster pemerintahan dan cluster pendidikan yang memuat universitas-universitas kelas dunia. 

"Saya enggak tahu nanti perisetnya ada berapa puluh ribu, tapi saya ingin gede banget karena memang sudah kita siapkan lahan di ibu kota yang baru dan kita ingin kalau sudah masuk ke sana artinya memang harus dibelokkan. Yang dulu anggarannya banyak ke infrastruktur akan mulai digeser masuk ke riset dan inovasi," jelasnya. 

Berkaitan dengan riset dan inovasi, Presiden menjelaskan, Indonesia mulai bertransformasi. Dalam bidang energi misalnya, penggunaan B20 yang sebentar lagi menjadi B30 telah berhasil mengurangi impor bahan bakar. Indonesia tidak lagi mengekspor komoditas dalam bentuk bahan mentah. 

"Saya kira negara kita memang terlalu banyak barang-barang yang bisa diubah dari yang dulunya diekspor barang mentah, menjadi barang-barang jadi atau setengah jadi. Itu strategi bisnis negara jadi ada added value, ada nilai tambah yang bermanfaat bagi rakyat. Dan kita harus optimis bahwa itu bisa kita kerjakan dengan baik," katanya.

Sumber : Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Nama

BERITA,1447,FEATURE,263,HEADLINE,1762,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,7,
ltr
item
kamangkaranews: Presiden Jokowi : Pemerintah Mulai Menata Soal Riset dan Inovasi
Presiden Jokowi : Pemerintah Mulai Menata Soal Riset dan Inovasi
https://1.bp.blogspot.com/-pV7IJnlSWvk/XduD2Cz6isI/AAAAAAAADo0/gdMhHxJ7yrAQAlAsodA6N470XVXUVu0qQCLcBGAsYHQ/s640/WhatsApp%2BImage%2B2019-11-25%2Bat%2B13.25.01.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-pV7IJnlSWvk/XduD2Cz6isI/AAAAAAAADo0/gdMhHxJ7yrAQAlAsodA6N470XVXUVu0qQCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-11-25%2Bat%2B13.25.01.jpeg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2019/11/presiden-jokowi-pemerintah-mulai-menata.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2019/11/presiden-jokowi-pemerintah-mulai-menata.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content