KPU Perkenalkan RPP dan Keluarkan Rekomendasi Kepemiluan




KUNINGAN (KN),- Ketua KPU Kuningan, Asep. Z. Fauzi, mengatakan, pihaknya mengeluarkan empat rekomendasi terkait kepemiluan di Kabupaten Kuningan pada acara pengenalan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di aula KPU Kuningan, Selasa (12/11/2019).

Keempat rekomendasi itu, pertama, Pemda Kuningan dan semua elemen harus makin serius dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu. Kedua, RPP dijadikan sebagai wahana demokrasi dan fasilitas pendidikan pemilih bagi masyarakat Kuningan.

“Ketiga, dana desa harus dioptimalkan untuk pendidikan pemilih dan yang keempat perda mengenai pilkades diharapkan ada revisi untuk memuat aturan-aturan yang belum tertera,” katanya.

Kegiatan yang dikemas acara coffee morning tersebut mengundang Ketua DPRD Kabupaten Kuningan (diwakili), Kepala DPMD Kabupaten Kuningan (diwakili) dan Ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan (diwakili).

Begitu pula Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Periode 2013-2018, para akademisi, pengurus KNPI, organisasi kemahasiswaan dan pelajar, Jamparing Research serta DEEP Kuningan.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengenalan (RPP) KPU Kabupaten Kuningan sebagai pusat informasi dan pendidikan pemilih bagi masyarakat.

Sementara itu, Komisioner Divisi SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam, mengatakan, RPP hadir sebagai ruang untuk pendidikan pemilih. Lebih luas, RPP dapat dapat difungsikan semacam museum pemilu.

“Kehadirannya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Kuningan dan menjadi pusat informasi dan pendidikan pemilih di Kabupaten Kuningan,” katanya.

KPU mengundang berbagai elemen untuk dilibatkan dalam dialog evaluasi problematika partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2018, Pemilu Serentak 2019 dan Pilkades Serentak 2019 di Kabupaten Kuningan.

Namun dari informasi yang dihimpun kamangkaranews.com, coffee morning itu tidak mengundang satupun media massa yang dulu menjadi Media Partner dalam mensosialisasikan tahapan dan pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.