Kenapa SDN Cijoho Juara Ketiga Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional ?




KUNINGAN (KN),- Kenapa SDN Cijoho Kecamatan Kuningan bisa meraih juara ketiga Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional dan apa yang dilakukan di sekolah tersebut ?. Kepala UPTD Pendidikan Kuningan, Abidin, menjelaskan kepada media ini, Kamis (14/11/20109). 

Dalam Lomba Budaya Mutu, setiap kabupaten kota se-Indonesia mengirimkan tiga sekolah mewakili tiga kategori, ada sekolah negeri, sekolah unggulan dan swasta.

Di Jawa Barat terpilih SDN Cijoho dari kategori sekolah negeri mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional Lomba Budaya Mutu. Kemudian ada visitasi dari Kemendikbud ke sekolahnya, untuk melihat langsung benar tidaknya apa yang disampaikan sekolah ke Kemendikbud.

“Ya diverifikasi oleh Kemendikbud sebagai penyelenggara Lomba Budaya Mutu,” katanya.

Kemudian apa yang menjadi kekuatan SDN Cijoho, Kecamatan Kuningan, bisa lolos dalam Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional ?.  

Menurutnya, ada 5 indikator yang menjadi parameter penilaian. Salah satunya pengembangan karakter di sekolah. Di SDN Cijoho ada satu program yang sangat sederhana yaitu satu hari tanpa jajan.

Pada hari tertentu murid-muridnya membawa makanan dari masing-masing rumahnya dan pada jam istirahat makan bersama.

“Nah pada saat itulah anak-anak bisa berbagi atau bertukar makanan dan diberikan bimbingan etika makan, bagaimana sikap sebelum makan, ketika makan dan setelah makan, bahkan mengumpulkan tempat makan serta membersihkannya,” katanya.

Dari bimbingan etika makan tersebut, ternyata terdapat nilai-nilai karakter yang sangat bagus dan bisa diterapkan kepada anak-anak.

“Hal itu hanya ada di SDN Cijoho. Sebenarnya sangat sederhana dan semua orang bisa melakukannya tapi karena dilakukan secara konsisten terhadap pengembangan program itu yang direspon para orang tua murid,” katanya.

Pertama, ada nilai sosial sikap saling menghargai dan berbagi makanan. Kedua, nilai etika ketika makan. Ketiga, nilai religius berdoa sebelum dan setelah makan. Keempat nilai kemandirian, membersihkan tempat makan.

Indikator kedua, School Base Manajemen atau partisipasi masyarakat terhadap sekolah yaitu membangun Masjid sebagai sarana ibadah, itu murni dari swadaya masyarakat karena peduli terhadap sekolah, anak-anak diberikan nilai-nilai religius dan kegiatan keagamaan.       

“Oleh karenanya, sangat layak jika SDN Cijoho meraih prestasi juara ketiga Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional,” katanya.         

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.