Pemkab Pekalongan Akan Klasterisasi UMKM




KAJEN (KN),– Guna memudahkan pembinaan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan melakukan verifikasi, klasifikasi, dan klasterisasi dari berbagai jenis UKM yang ada, Pekalongan, Kamis (10/10/2019).

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, mengatakan, di Kabupaten Pekalongan terdapat puluhan ribu usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan berbagai jenis usaha. Menurutnya nanti akan diklasifikasikan UMKM  yang makanan dan fashion.

"Sehingga itu bisa memudahkan dalam melakukan pembinaan," kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi usai memberikan sambutan pada acara peresmian International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Kordinator Kabupaten Pekalongan di Aula Lantai 1 Setda.

Bupati Asip mengungkapkan di Kabupaten Pekalongan sendiri, pertumbuhan ekonomi saat ini berada diangka 5,76 berada diatas angka pertumbuhan ekonomi pusat dan Provinsi. "Sektor UMKM menyumbang besar terhadap pertumbuhan ekonomi, sehingga akan terus kita berdayakan," ungkapnya.

Dijelaskan, Pemkab Pekalongan mempunyai kepedulian besar terhadap keberadaan UMKM, sehingga beberapa waktu yang lalu mendapat penghargaan Natamukti di Bogor.

"Pembentukan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Korda Kabupaten Pekalongan salah satu tujuannya adalah untuk memberdayakan UMKM kita," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinperindagkop dan UKM Kabupaten Pekalongan, Hurip Budi Riyantini menuturkan, kegiatan Galang UKM Indonesia 2019 terdiri dari berbagi kegiatan diantaranya, pengukuhan pengurus, seminar UMKM Brilian, dan bazar oleh UMKM yang sudah terkurasi.

"Sehingga diharapkan UMKM di Kabupaten Pekalongan dapat naik kelas. Untuk menggerakkan sektor UMKM Pemkab akan kesulitan kalo sendiri, butuh menggandeng empat pilar yakni pengambil kebijakan, pelaku usaha, akademisi, dan juga peneliti," tambahnya.

Adapun susunan pengurus harian ICSB Kabupaten Pekalongan masa bakti 2019-2021 adalah Rossi Ardiyanti, (Ketua HIPMI dan Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan).

Koordinator Daerah/Ketua, Rusdiono (Wakil Korda/Wakil Ketua I), Wahida Yurasef, (Wakil Korda/Wakil Ketua II), Eli Kartika, (Sekretaris I), Waryonani, (Sekretaris II), Uzlifatul Jannah, (Bendahara I), Isnaeni, (Bendahara II).

Selanjutnya, Wakil Ketua Bidang Akademis dan Riset Mahirun, (Ketua LPPM Universitas Pekalongan), Wakil Ketua Bidang Hubungan Pemerintahan Ali Riza,  (Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Pekalongan),

Wakil Ketua Ketua Bidang Korporasi Herdinanto, (Kepala Bank Jateng Cabang Kajen) dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Komunitas Faelasuf, Ketua KADIN Kabupaten Pekalongan). 

Pewarta : slam. S.u
Editor : deha

Diberdayakan oleh Blogger.