Tak Dihadiri Pengurus TP PKK, Masyarakat Cigugur Gelar Festival Makanan Tradisional




KUNINGAN (KN),- Menyambut Hari Pangan se-Dunia 2019, masyarakat Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, menggelar Festival Makanan Tradisional Sunda Cigugur (FMTSC) di Pelataran SD Yos Sudarso Cisantana, Kuningan, Minggu (13/10/2019) pukul 09.00-14.00 wib.

“Terdapat 39 lapak jajanan tapi ada satu lapak yang membuat lebih dari satu jenis makanan,” kata Ketua Panitia, Marianus Didi Kasmudi. 

Disebutkan, peserta festival ini ada dari Cigadung, Sukamulya, Cisantana, Cigugur, Winduhaji Kecamatan Kuningan, bahkan ada yang dari Cirebon yaitu Serikat Konfigurasi Kasih (SKK).

Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan makanan yang bahan bakunya dari sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian kemudian diolah menjadi makanan sehat agar pola hidup masyarakat menjadi sehat.

Dijelaskan, melestarikan warisan sunda itu bukan hanya berbentuk seni budaya saja tapi termasuk resep-resep makanan tradisional.

“Kita berharap hal ini bisa lestari malah dikenal banyak kalangan bukan hanya di wilayah Cigugur Kuningan saja, bahkan ada penawaran dari Bandung untuk menggelar acara ini disana,” katanya       

Kendati acara tersebut rencananya dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan tapi ternyata tidak bisa namun ia tetap ingin bekerjasama dengan pihak pemerintah, minimalnya mengetahui tentang kegiatan ini.

“Mudah-mudahan ke depan, Ibu Bupati Kuningan bisa membuka kegiatan ini  karena peserta festival makanan banyak diikuti pengurus PKK tingkat desa, seperti Cigadung, Sukamulya dan Cisantana,” harapnya.

Pantauan media ini, tak seorangpun pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan yang menghadiri acara tersebut. Bahkan pembukaan yang semula dilakukan Plt Camat Cigugur malah diwakilkan kepada Kasi Kesra Kecamatan Cigugur.

deha--  

Diberdayakan oleh Blogger.