Pemkab Kuningan Gelar Shalat Istisqa




KUNINGAN (KN),- Pemkab Kuningan menggelar Shalat Istisqa yaitu shalat untuk meminta diturunkan hujan yang diikuti ratusan  jemaah, pukul 09.00 wib di halaman Setda Kuningan, Selasa (8/10/19).

Shalat dihadiri Bupati Kuningan, Acep Purnama, Wabup Kuningan, M. Ridho Suganda, Sekda Dian Rachmat Yanuar, perwakilan TNI, Polri, para kepala SKPD, pejabat di lingkup setda dan pejabat lainnya serta pelajar.

Sedangkan yang menjadi Imam, KH. Muhtamad dari Ponpes Husnul Khotimah dan Khotib KH. Endang Samsudin Fallah.

"Shalat Istisqa ini sebagai ikhtiar memohon doa kepada  Allah agar diturunkan hujan. Sehingga kebutuhan air sebagai salah satu sumber kehidupan dapat terpenuhi dimana kondisi saat ini dihadapkan dengan musim kemarau," kata Bupati Kuningan, Acep Purnama.

Dikatakan, kebutuhan air begitu besar untuk kehidupan sehari-hari dan memenuhi perairan untuk ladang, pesawahan serta kolam.

“Bukan hanya kita namun hewan dan tumbuhan juga. Untuk itu kepada masyarakat untuk senantiasa memohon kepada Allah untuk diturunkannya hujan,” harapnya. 

Untuk mengantisipasi kekurangan air di masyarakat, lanjutnya, pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan dengan memberikan bantuan air yang dikirim menggunakan mobil tangki.

Sementara itu, Imam Shalat Istisqo KH. Muhtamad, mengatakan, Salat Istisqa  dilaksanakan di tanah lapang, berjumlah dua rakaat kemudian setelah itu diikuti oleh khutbah  dua kali oleh Khatib. 

“Khutbah Salat Istisqa memiliki ketentuan tersendiri, diantaranya, pada khutbah pertama hendaknya membaca Istighfar 9 kali sedangkan pada khutbah kedua 7 kali,” sebutnya.

Untuk khutbah berisi anjuran untuk beristighfar (memohon ampun, red) dan merendahkan diri kepada Allah serta berkeyakinan bahwa permintaan akan dikabulkan oleh-Nya.

“Pada khutbah kedua, Khatib berpaling ke arah Kiblat  dan berdoa bersama-sama. Saat berdoa hendaknya mengangkat tangan tinggi-tinggi,” katanya.

--deha--


Diberdayakan oleh Blogger.