Acep : Ada Persamaan Persepsi Kelola Sampah




KUNINGAN (KN),- Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengatakan, pengelolaan sampah harus ditanam kesadaran sejak dini sebagai solusi yang terlahir dalam penanganan sampah, Kuningan, Rabu (9/10/2019).

“Selain itu juga dalam kesempatan yang sangat baik menyamakan persepsi pemahaman terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Kuningan,” katanya ketika membuka rapat Koordinasi Pengelolaan Sampah di ruang Linggajati Setda.

Menurutnya, persoalan sampah sudah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 Tahun 2017 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

Pemkab Kuningan telah menindaklajuti Perpres Nomor 97 Tahun 2017 dengan adanya Peraturan Bupati Kuningan Nomor 46 Tahun 2018.

Itu merupakan terobosan dalam pengelolaan sampah yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan pengelolaan sampah terintegrasi mulai dari sumber sampai ke proses ahkir.

Adapun target pengelolaan sampah yang ingin dicapai adalah 100 persen sampah terkelola dengan baik dan benar sehingga pada tahun 2025 Indonesia bisa bersih dari sampah.

“Maka dari itu program ini harus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar Indonesia, termasuk Kabupaten Kuningan bebas dari sampah dengan penuh komitmen dan konsekuen,” katanya.
                                                                        
Ia berharap agar program tersebut disosialisasikan kepada seluruh desa dan kelurahan serta wajibkan untuk serius dalam pengelolaan sampah di masing-masing wilayahnya agar bisa mandiri terkait dengan pengelolaan sampah dan membangun kesadaran dimulai dari masyarakat secara pribadi.



Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Amiruddin, mengatakan, tujuan rakor untuk mengelola persampahan dengan baik dalam mewujudkan Visi Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinunjul Berbasis Desa Tahun 2023).

“Maka dari itu diperlukan sinergitas untuk fokus terhadap persoalan sampah di Kabupaten Kuningan sebagai acuan kita melangkah ke depan,” katanya.

Rakor dihadiri Wabup Kuningan, M. Ridho Suganda, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, Kepala DPMD Deniawan serta seluruh camat se-Kabupaten Kuningan.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.