Mengenal Lebih Dekat Maman Nurachman, Trail Adventure BALADAS





KUNINGAN (KN),- Hobi otomotif khususnya sepeda motor sudah digeluti sejak usia remaja yang saat itu kriterianya on road. Sekarang tepatnya mulai tahun 2011 beralih ke off road yaitu Trail Adventure dan bergabung dengan komunitas BALADAS (Balad Asa Sadulur) yang menginduk ke organisasi TRACK.

Adalah  Maman Nurachman, SH, MSi pegawai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kuningan yang menjabat sebagai Kabid Politik Dalam Negeri dan Orkemas, ketika berbincang-bincang dengan kamangkaranews.com, Kuningan, Sabtu (5/10/2019). 

Menurutnya, jalinan perteman, persahabatan dan kekeluargaan di komunitas BALADAS sungguh luar biasa. Jika mengalami kesulitan atau tiba-tiba motor trouble, maka saling menolong dan berbagi pengalaman cara merawat sepeda motor jenis trail. 

Ia menceritakan, ketika menelusuri jalur di bukit dan hutan kemudian dirinya terjatuh dari motor, kemudian teman-temannya mentertawakan, bahkan ada yang mendokumentasikan (foto dan video). Begitu pula kalau tidak mampu melintasi rute tapi mengambil jalur pintas atau evakuasi.

Trail Adventure tidak identik dengan event kejuaraan karena berbeda dengan off road track yang dinilai kecepatannya. Trail Adventure lebih condong kepada hiburan dan sosial. 

“Intinya kegiatan Trail Adventure ini adalah hiburan, refreshing dan susananya sangat menyenangkan, lebih mendekatkan diri kepada lingkungan alam sekitar, menjaga dan melestarikan hutan,” katanya.

Trail Adventure, begitu pula komunitas BALADAS bukan sekedar bermotor ria, naik turun bukit dan gunung tetapi dalam kegiatan tersebut sering menyelenggarakan program penanaman pohon dan bakti sosial.

“Misalnya di salah satu desa ada pembangunan Masjid, kita sengaja datang untuk memberikan sumbangan bantuan atau ada kegiatan sunatan massal. Seperti di Jalan Baru beberapa waktu lalu kita turut menyantuni 60 anak yatim piatu,” katanya. 

Disebutkan, komunitas BALADAS ada 13 personel dan jumlah komunitas lainnya juga banyak dengan anggota mencapai ratusan off roader tetapi menginduk ke organisasi TRACK.

“Hari ini di Ciniru ada event ulang tahun TRACK dan disana juga pasti ada acara bakti sosial juga,” katanya.

Mengenai kriteria sepeda motror trail, ia menerangkan, Trail Adventure dari berbagai merek dan tahun produksi. Ada rakitan dan pabrikan yang sudah dimodifikasi serta built up.

Diakui Maman, yang paling berkesan ketika mengendarai Trail Suzuki TS menjadi peserta event pada HUT Bhayangkara pada tahun 2011, start  finish Pandapa-Palutungan–Darma-Salajambe-Winduherang. 

“Sampai sekarang kaosnya masih ada dan disimpan sebagai kenang-kenangan dan terkadang suka dibawa,” katanya mengakhiri perbincangan.

deha--  


Diberdayakan oleh Blogger.