Soal Ketahanan Pangan, Kementan Agar Kembangkan Padi Hibrida



JAKARTA (KN),- Terkait perlunya peningkatan terhadap ketahanan pangan nasional, Kementerian Pertanian RI (Kementan) harus mengembangkan padi hibrida untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

“Kementan bekerjasama dengan para peneliti untuk melakukan kajian secara komprehensif terhadap pengembangan padi modern, seperti pengelolaan padi hibrida,” kata Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, di Jakrata, Jumat (9/8/2019).

Padi hibrida memiliki hasil panen yang jumlahnya lebih tinggi daripada hasil panen padi inbrida/konvensional dan memiliki kualitas tanaman yang lebih baik.

“Apalagi saat ini peningkatan populasi penduduk Indonesia begitu cepat sehingga berdampak kepada meningkatnya jumlah konsumen terhadap beras,” kata Bamsoet.

Kementan harus mewujudkan dan mengembangkan ketahanan pangan nasional, mulai dari proses budidaya hingga varietas yang digunakan agar dapat mengoptimalkan nilai produksi bahan pangan.

“Termasuk memperluas area sawah yang ada di Indonesia, agar terus dapat mengembangkan teknologi varietas padi hibrida dan mempersulit alih fungsi lahan dari sawah menjadi pembangunan infrastruktur perumahan,” tandasnya.

Kontributor Jakarta : Andika


Diberdayakan oleh Blogger.