Cijoho dan Gunungkeling Lokasi Terakhir Binwil TP PKK



KUNINGAN (KN),- Kelurahan Cijoho, Kecamatan Kuningan dan Desa Gunungkeling, Kecamatan Cigugur, merupakan dua tempat terakhir kegiatan Bina Wilayah (Binwil) Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kuningan, sebagai desa/kelurahan terbaik hasil penilaian Bina Wilayah Tingkat Kecamatan.

Kunjungan Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Siti Rachmatika ke Kelurahan Cijoho dan Desa Gunungkeling,  didampingi Ketua Tim Bina Wilayah, Ella Dian Rachmat Yanuar beserta rombongan pengurus.

Binwil merupakan agenda tahunan dilaksanakan secara berjenjang sampai ke tingkat desa/kelurahan dilaksanakan sejak 24 Juni – 8 Agustus 2019, mengunjungi 32 Kecamatan dan 32 Desa untuk mengevaluasi kegiatan 10 Program PKK.  

“Tujuannya untuk mengevaluasi kegiatan PKK, apakah sesuai dengan program yang telah digariskan dan juga seirama dengan visi misi PKK sampai ke tingkat desa/kelurahan,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Siti Rachmatika, di aula Desa Gunungkeling, Kamis (8/8/2019)

Dengan Binwil, tidak semata-mata mencari kekurangan atau kesalahan. Namun lebih menitik beratkan kepada pelaksanaan program kerja serta keberhasilannya.

Dijelaskan, perbedaan teknis pelaksanaan Binwil tahun ini dengan tahun sebelumnya, seluruh Pengurus PKK Tingkat Desa yang hadir hanya desa yang menjadi lokasi kegiatan. Sedangkan untuk desa yang lainnya hanya dihadirkan Ketua TP PKK Desanya saja.

“Hal itu berdasarkan juknis dari Tingkat Provinsi Jawa Barat, bahwa kunjungan lapangan harus dilaksanakan ke seluruh desa di tiap kecamatan,” katanya.

Namun karena keterbatasan waktu, kunjungan TP PKK Kabupaten ke desa dilaksanakan pada saat pelaksanaan program lainnya, misalnya saat pembinaan posyandu, pengajian, jum’at bersih atau pada saat rapat rutin setiap bulan.

“Melalui peninjauan ke lapangan dalam kegiatan Binwil ini, kami melakukan penilaian pada beberapa materi,” katanya.

Penilaian tersebut, diantaranya, pelaksanaan kegiatan inovasi yang dapat meningkatkan keberhasilan Program PKK di tingkat desa/kelurahan dan kesesuaian data yang telah disampaikan dalam profil Tim Penggerak PKK desa/kecamatan. 

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.