Dinsos Jabar Gelar Simulasi Uji SOP Kampung Siaga Bencana





KUNINGAN (KN),- Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menggelar apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Uji SOP Kampung Siaga Bencana di Desa Mekarsari, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan, Rabu (24/7/2019).

Dihadiri Kadis Sosial Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Kementerian Sosial RI, Nurul Farijati, Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda dan pejabat Dinas Sosial Kabupaten Kuningan.  

Kementerian Sosial RI mengukuhkan Wabup Kuningan sebagai  Pembina TAGANA Taruna Siaga Bencana Kehormatan Kabupaten Kuningan.

“Pembentukan Kampung Siaga Bencana di Desa Mekarsari Kecamatan Maleber merupakan wujud dari implementasi penanggulangan bencana berbasiskan masyarakat untuk siap siaga dalam menghadapi bencana,” kata Ridho.

Ia mengajak penanggulangan bencana agar dikomunikasikan sehingga kebutuhan tentang kesiapan, khususnya yang berada di desa-desa bisa diselesaikan bersama.

“Dengan komunikasi dan koordinasi yang baik saya yakin bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di Kabupaten Kuningan,” katanya.

Sementara itu, panitia setempat menyebutkan, pembentukan kampung siaga bencana dilaksanakan selama tiga hari diikuti 60 orang peserta dari perwakilan masyarakat Desa Mekarsari.

Agenda diawali penyuluhan, pelatihan praktek dan diakhiri simulasi uji SOP penanggulangan bencana tanah longsor oleh seluruh peserta.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.