Pemilu 2019, Pemilih Kesulitan Tentukan Pilihannya





KUNINGAN (KN),- Pemilu 2019 (Pilpres dan Pileg, red) hari ini, Rabu 17 April 2019,  di sejumlah TPS di Kabupaten Kuningan, pemilih terutama lanjut usia kesulitan menentukan pilihannya di bilik suara.

Seperti halnya di TPS 24 Sawahwaru, Kelurahan/Kecamatan Kuningan, bahkan diantaranya ada pemilih yang berada di bilik suara memerlukan waktu cukup lama hampir 12 menit.

Bukan hanya pemilih lanjut usia, kalangan milenialpun mengaku bingung memilih Calon Anggota Legislatif DPR RI Dapil Jabar 10, DPRD Provinsi Dapil Jabar 13, DPD RI dan DPRD Kabupaten Dapil Kuningan 1.

“Kalau Presiden dan Wakil Presiden sih mudah karena hanya dua calon berpasangan, ada fotonya dan kertasnya kecil,” kata  Rega warga RT 04 RW 06 Sawahwaru.

Tapi untuk anggota  DPR RI, DPRD provinsi, DPD RI dan DPRD kabupaten, kertasnya besar juga calonnya banyak sehingga harus dilihat satu persatu, pertama dicari partainya kemudian nama atau nomor urutnya.

“Para caleg itu jangankan kenal bertemu juga tidak pernah karena selama ini tak ada sosialisasi kesini, artinya siapa mereka, apa tujuan menjadi wakil rakyat terus terang saya tidak tahu,” katanya.

Kendati demikian, ia merasa bangga bisa ikut mencoblos di Pemilu 2019, apalagi untuk kali pertama memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden RI.

“Tahun kemarin ketika Pilkada Bulan Juni 2018 saya juga sudah ikut memilih di TPS karena dua bulan sebelumnya yaitu Bulan April, usia saya sudah 17 tahun,” kata Rega yang masih duduk di kelas XII SMAN Cigugur Kuningan.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.