Dari Bogor, Pemprov Jabar dan Kemenhub RI Siapkan Mudik Gratis



BOGOR (KN),- Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kemenhub RI menggulirkan program mudik gratis dari Kota Bogor menggunakan transportasi darat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019/1440 Hijriyah.

Kepala Dishub Kota Bogor, Rakhmawati, mengatakan, Rabu (20/3/2019) program mudik gratis ini untuk memudahkan masyarakat yang ingin pulang kampung pada hari raya. Selain itu, mudik gratis ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan.

“Program mudik gratis ini merupakan bantuan langsung dari Pemprov Jabar, sedangkan Kota Bogor mendapatkan alokasi 10 unit bus untuk membantu memudahkan masyarakat yang akan pulang kampung sehingga masyarakat dapat terbantu,” katanya.

Dijelaskan, di Kota Bogor ada dua program mudik gratis. Program Provinsi Jabar dan program mudik gratis Kemenhub RI.

Ia menyebutkan, untuk program Provinsi Jabar, Kota Bogor mendapat alokasi 10 unit bus. Satu bus berkapasitas 44 penumpang. Untuk total calon kuota pemudik gratis Kota Bogor sebanyak 440 orang. Pendaftaran terbatas atau sampai kuota tersebut terpenuhi.

“Satu bus berjumlah 44 penumpang maka total kuota ada 440 orang. Silakan untuk yang ingin mendaftar langsung datang ke tempat pendaftaran yang berada di Loket Angkutan Dalam Trayek Dishub Kota Bogor,” katanya.

Arah tujuan mudik gratis yaitu Bogor – Solo dan Bogor – Yogyakarta melalui jalur Pantura. Pendaftaran sudah dibuka sejak kemarin dan berakhir 20 April 2019 mendatang.

“Pendaftaran dibuka pukul 09.00 – 14.00 setiap hari kerja dan pukul 09.00 – 11.00 pada hari Sabtu,” katanya.

Untuk persyaratannya, lanjut dia, warga harus membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Satu orang untuk satu KTP sedangkan anak kecil dapat menunjukan akta kelahiran.

Program mudik gratis Kemenhub pendaftarannya melalui online, pada web #mudikgratis.kemenhub2019#. Rencananya Kemenhub akan membuka stan pendaftaran di Dishub Kota Bogor sebagai sarana informasi dan pengambilan tiket sementara dan tiket resmi mudik gratis. 

Pendaftaran dibuka sama dengan program Provinsi Jabar, 20 Maret - 20 Mei 2019 untuk kuota diatur secara nasional. 

Direncanakan untuk Bogor Raya ( Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Kota Depok) akan mendapat alokasi 80 unit bus.

Adapun rencana pemberangkatan di GOR Pakansari Kabupaten Bogor, tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera.

Andek--


Diberdayakan oleh Blogger.