2018 Kamtibmas Kabupaten Kuningan Kondusif




KUNINGAN (KN),- Kapolres Kuningan, AKBP Iman Setiawan, mengatakan, Jumat (28/12/2018), secara umum situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Kuningan sepanjang tahun 2018 aman dan kondusif. Tidak ada gangguan akibat konflik sosial, SARA dan terorisme. Hal ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan produktifitas masyakarat Kabupaten Kuningan.

“Dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, Sat Binmas Polres Kuningan melakukan tindakan preventif melalui berbagai program persuasif dan edukatif,” katanya.

Program tersebut dibentuknya Satgas Nusantara, Door to Door System, Forum Silaturahmi Kamtibmas melibatkan tokoh agama, masyarakat, ormas dan para Da’i Kamtibmas. Kemudian Focus Group Discussion (FGD) dan pembinaan terhadap Saka Bhayangkara.

Dijelaskan, dalam mencegah terorisme, paham radikalisme dan konflik sosial, Sat Intelkam Polres Kuningan bekerjasama dengan Bakerpakem (Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan) dan Kominda (Komunitas Intelejen Daerah).

“Dengan demikan kita merasakan perhelatan demokrasi Pilkada 2018 berjalan aman juga deteksi terhadap gangguan kamtibmas dapat dicegah,” katanya.

Disamping itu juga, Satuan Sabhara dengan adanya pembentukan SAR dalam mengantisipasi bencana alam maupun kebakaran. Sigap dalam memadamkan kebakaran lahan dan hutan di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di wilayah Kecamatan Pasawahan.

“Dalam bencana kekeringan melakukan patroli pembagian air bersih di beberapa kecamatan, seperti Cimahi, Luragung, Ciwaru dan Ciniru,” katanya.

Selain melaksanakan tugas pokok yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat, Polres Kuningan juga konsen dalam membangun Sumber Daya Anggota Polri.

Dalam rekruitmen Polri, SDM Polres Kuningan telah melakukan dua tahap yaitu SIPSS dan Rekruitment Terpadu (AKPOL, Bintara dan Tamtama) dan telah melaksanakan Bimtek kepada para calon siswa.  
 
Sedangkan untuk menekan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, Satuan Lalu Lintas Polres Kuningan telah melaksanakan pengaturan lalu lintas di titik rawan kecelakaan maupun kemacetan.

Melalui Dikmaslantas Sat Lantas Polres Kuningan membuat inovasi dengan membentuk Kampung Pelopor Tertib Lalu Lintas di Desa Lingga Indah, Kecamatan Cilimus dan Kampus Pelopor Tertib Lalu Lintas di STKIP Muhammadiyah Kuningan sebagai wujud partisipasi masyarakat dan mahasiswa untuk peduli akan keselamatan berlalu lintas.

“Sebagai edukasi atau pemahaman terhadap hukum sejak dini kepada pelajar, Sat Lantas Polres Kuningan membentuk Polisi Pelajar di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan,” katanya.

Pada tahun 2018 telah melaksanakan Operasi Kepolisian guna mendukung dan melancarkan agenda pemerintah dan masyarakat. Sehingga berjalan tertib, aman dan lancar.

Operasi tersebut terdiri dari Operasi Mantap Praja Lodaya, Keselamatan Lodaya, Bina Kusuma Lodaya, Patuh Lodaya, Pekat Lodaya, Jaran Lodaya, Ketupat Lodaya dan Libas Lodaya. Kemudian Bina Kusuma Lodaya II, Bina Waspada, Zebra Lodaya, Antik Lodaya, Mantap Brata Lodaya dan Lilin Lodaya 2018 (dalam tahapan pelaksanaan).

Di tahun 2019, lanjutnya, kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya, kawasan wajib helm sepanjang Jalan Siliwangi dan RE. Martadinata. Mengoptimalkan armada Pelayanan SIM Keliling Bantuan dan Samsat Keliling ke seluruh wilayah di Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya, tanggap bencana dengan mengoptimalkan bantuan SAR Polres Kuningan. Mewujudkan Pemilu 2019 yanbg aman dan damai tanpa hoax serta Hate Speech dengan mengoptimalkan Satgas Nusantara dan ketertiban masyarakat.

“Dan mengoptimalkan media sosial dalam memberikan informasi edukatif secara cepat, tepat dan terkini.  Mensukseskan agenda Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan Pusat,” katanya.

--deha--       


Diberdayakan oleh Blogger.