Bambang Soesatyo : Imunisasi Campak Rubela Harus Menyeluruh




JAKARTA (KN),- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memetakan wilayah yang belum dilakukan imunisasi MR secara menyeluruh atau daerah yang masih rendah cakupan imunisasi MR dan proaktif untuk menjangkau daerah yang masih rendah cakupan imunisasinya.

Demikian disampaikan Calon Anggota DPR RI Partai Golkar Dapil Jabar X (Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran) Nomor Urut 5 Ayuningtyas Widari Ramdhaniar, S,I.A, M. Kesos, melalui pesan WhatsApp kepada media online ini, Jumat (2/11)

Disebutkan, perpanjangan masa kampanye nasional imunisasi campak-rubela (MR) tahap kedua hingga tanggal 31 Desember 2018 akibat cakupan imunisasi baru mencapai 66,92 persen dari target 95 persen yang seharusnya tercapai pada akhir Oktober 2018.

Kemenkes, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen, bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan untuk menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya imunisasi MR dan dampaknya apabila tidak diimunisasi, agar dapat meyakinkan orang tua untuk memberikan imunisasi kepada anak-anaknya.

“Mengingat masih adanya ketidakpercayaan orang tua terhadap imunisasi MR dan masih banyaknya sekolah yang menolak untuk diadakan pemberian vaksin MR kepada para siswanya,” katanya.

Selain itu pula, Kemenkes, Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dinkes bersama Pemerintah Daerah (Pemda) dan didampingi tokoh masyarakat agar mengimbau masyarakat yang masih ragu akan pemberian imunisasi MR kepada anak-anaknya, untuk dapat memperhatikan fatwa MUI yaitu Fatwa Nomor 33 Tahun 2018 tentang Penggunaan Vaksin MR produk dari Serum Institute India (SII) untuk Imunisasi, bahwa penggunaan vaksin campak-rubela dalam kampanye nasional imunisasi MR dibolehkan atau mubah.

“Kami mengimbau masyarakat, khususnya orang tua untuk berperan aktif dalam menyukseskan pemberian imunisasi MR kepada anak-anaknya, guna meminimalisir kasus CRS yang terjadi, mengingat dampak dari penyakit tersebut sangat berbahaya dan hanya bisa dicegah dengan cara pemberian imunisasi MR sejak dini,” pungkasnya (deha).


Diberdayakan oleh Blogger.