HMI Dorong Pemilu 2024 Jurdil serta Apresiasi Kinerja KPU dan Bawaslu


Oleh : Eka Kasmarandana.


HMI Cabang Kuningan mendorong Pemilu 2024 yang jujur dan adil (Jurdil) serta mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kuningan yang sejauh ini dinilai cukup baik.


Situasi di tengah kondisi politik yang cukup menarik menjadi bahan perbincangan dan menjadi konsumsi masyarakat. Namun KPU dan Bawaslu Kabupaten Kuningan masih terus bekerja dengan luar biasa.


Dalam penyelenggaraan pemilu ini, terkadang tidak terlepas dari indikasi kecurangan atau pelanggaran yang dilakukan oleh beberapa pihak, bahkan kesalahan dalam pelaksanaan teknis di lapangan. 


Ada beberapa kejadian yang menjadi perbincangan hangat pasca Pemilu 2024 yang merupakan pesta demokrasi rakyat yaitu permasalahan yang terjadi di lapangan.


Mulai dari masalah money politik, kerusakan surat suara, sampai kepada aplikasi Sirekap dan Siwaslu yang dipakai untuk menunjang jalannya penyelenggaraan Pemilu 2024.


Ini menjadi catatan khusus buat penyelenggara, supaya bisa bersikap seprofesional mungkin untuk menyelesikan sengketa-sengketa yang terjadi saat pemilu ini dan memberikan citra yang baik di mata masyarakat. 


Akan tetapi KPU yang menjadi penyelenggara atau pun Bawaslu yang menjadi leading sektor dalam pengawasan, selalu berusaha maksimal dalam menyikapi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan. 


Oleh karena itu, HMI Cabang Kuningan mengapresiasi KPU dan Bawaslu Kabupaten Kuningan di tengah situasi kondisi yang relatif cukup sulit tapi masih luar biasa kerja dan kinerjanya.


HMI berharap KPU dan Bawaslu terus berkomunikasi dan berkolaborasi dengan stakeholder terkait. Sehingga, permasalahan tersebut dapat menemukan solusi dan diselesaikan dengan baik. 


Atas nama masyarakat Kuningan, HMI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan hajatan pesta demokrasi tahun 2024, khususnya jajaran pemerintah, TNI, Polri, partai politik dan semua rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak pilihnya. 


Secara khusus terima kasih juga kepada para penyelenggara atau pun pengawas pemilu, dari mulai tingkatan KPU dan Bawaslu, sampai ke jajaran tingkat di bawahnya seperti, PPK, PPS, KPPS maupun Panwaslu, PKD dan PTPS. Mereka menjadi garda terdepan untuk keberlangsungan berjalannya pesta demokrasi di negara kita ini.


Alhamdulillah pemilu berjalan baik, semoga menghasilkan pemimpin yang benar-benar baik guna mencapai cita-cita dan tujuan nasional Indonesia.


Apa yang telah disaksikan masyarakat terhadap hasil pemilu melalui hitung cepat, HMI mengajak masyarakat untuk tetap menunggu proses hitung suara yang dilakukan KPU secara berjenjang.


Kita berikan kesempatan kepada KPU untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dan menetapkan hasil pemilu sesuai tahapan yang ada. Jika ada gugatan terhadap hasil Pemilu hendaknya disalurkan melalui jalur hukum yang ada.


Adapun pelanggaran-pelanggaran yang terjadi pasca pemilu, Bawaslu Kuningan tanggap dalam membereskan dan menyelesaikan permasalah tersebut dengan responsif. 


HMI akan terus membantu mengawal atau mensuport proses penyelenggaran pemilu dan menyangkal siapapun yang ingin mencederai demokrasi pemilu saat ini.


Apa yang telah dilakukan KPU dan Bawaslu Kabupaten Kuningan untuk menyukseskan Pemilu 2024 sekarang diharapkan dapat terus ditingkatkan. Bravo.


*) Penulis : Ketua Umum HMI Cabang Kuningan.

Diberdayakan oleh Blogger.