Iyan Irwandi : Ketua PWI Harus Tingkatkan Pendidikan Anggota



KUNINGAN (KN),- Salah seorang wartawan yang ikut mendaftar Bakal Calon Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan periode 2023-2026 dalam Konferensi PWI 14 Desember 2023 mendatang di Sangkanpark, Sangkanurip, Iyan Irwandi, mengatakan, siapa pun ketua yang akan terpilih harus meningkatkan pendidikan anggota.


Hal itu dikatakan Iyan usai menyerahkan berkas pendaftaran kepada Panitia Konferensi PWI Kabupaten Kuningan di Sekretariat PWI jalan Mochamad Yamin, Kedungarum, Sabtu (9/12/2023) sore.


"Peningkatan pendidikan SDM melalui program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Orientasi Kewartawanan Keorganisasian (OKK) baik dilaksanakan oleh internal PWI Kuningan maupun PWI Jawa Barat," katanya kepada kamangkaranews.com.


Menurutnya, UKW dan OKK  sangat penting untuk bisa mengukur kemampuan wartawan. Kendati tidak menguasai keseluruhan jurnalistik, minimal bisa mengetahui batasan-batasan dan tidak keblabasan agar tahu mana yang diperbolehkan mana yang dilarang.


"Minimal dalam satu periode kepemimpinan Ketua PWI Kabupaten Kuningan bisa menyelenggarakan UKW karena SDM berkualitas maka organisasi akan maju," kata wartawan koran Kabar Cirebon itu.


Tekait kegiatan Sharing Wawasan (SW) yang digagas KetuaPanitia Konferensi PWI Kabupaten Kuningan 2023 sangat bagus, berkoordinasi dengan tokoh-tokoh, berdiskusi ternyata banyak memberikan manfaat untuk meningkatkan SDM PWI sekarang.


Apalagi jika dihubungkan dengan program pembangunan pemerintah yang mengacu kepada metode Pentahelik, maka peran media atau wartawan termasuk di dalamnya.


"Ke depannya, SW itu dikembangkan oleh kepengurusan yang akan datang, mungkin namanya diganti karena produknya panitia tapi programnya sama seperti itu," katanya.


Ia pun berharap, siapa pun nanti yang akan terpilih di Konferensi PWI Kabupaten Kuningan maka harus didukung untuk melaksanakan program kerjanya.


Satu hal lagi, PWI Kuningan tetap satu tidak terpecah belah dan jangan mengikuti organisasi lain tetapi biarkan organisasi lain yang mengikuti PWI.


Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.