Pemkab Gelar Wayang Golek Meriahkan Hari Jadi ke-525 Kuningan



KUNINGAN,- Pemkab Kuningan menggelar pertunjukan seni tradisional wayang golek dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-525 Kuningan di beberapa desa eks kewedanan.


Pagelaran wayang golek tersebut, di tiga tempat oleh dalang lokal yaitu Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Sabtu (2/9) malam, Desa Salareuma, Kecamatan Cipicung, Jumat  (8/9/2023) malam dan Desa Andamui, Kecamatan Ciwaru, Sabtu (9/9/2023) malam.


Sedangkan di Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru (15/9/2023) direncanakan dalang Dadan Sunandar Sunarya dari Wayang Golek Putra Giri Harja III.


Kepala Desa Salareuma, Tati Rohayati, mengatakan, warganya antusias melihat pertunjukan wayang golek yang digelar di balai desa dan menurutnya masyarakat menyambut baik acara rutin tahunan tersebut.


Ia mengaku bahagia karena desanya mendapat kepercayaan sebagai tempat pagelaran wayang golek dalam kemeriahan Hari Jadi Kuningan.


“Terima kasih saya ucapkan kepada Pemerintah Daerah, Pak Bupati karena telah mempercayakan pagelaran wayang golek di desa kami. Hal ini menjadi momentum untuk berkumpulnya masyarakat, hiburan dan menjalin silaturahmi," ucapnya.


Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama,  menyebutkan,  pagelaran wayang golek tahun ini diadakan di empat desa eks kewedanan.


“Hal ini sebagai wujud kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat untuk menghibur, menggeliatkan kembali ekonomi dan sebagai tuntunan dalam kehidupan sehari-hari, melalui pesan dalam pementasan wayang golek" katanya.


Lebih lanjut Acep menjelaskan, pegelaran wayang golek merupakan ikhtiar bagi Pemda Kuningan untuk melestarikan kebudayaan asli sunda dan kesenian Jawa Barat.


“Kesenian wayang golek merupakan seni pertunjukan yang masih memiliki fungsi relevan dengan kebutuhan masyarakat di lingkungannya, baik kebutuhan spiritual maupun material," katanya.


Ia berharap para generasi muda agar bisa mengenal, mengetahui, mencintai lalu melestarikan kesenian dan kebudayaan ini. Generasi muda harus memiliki kebanggaan dengan budaya yang dimiliki, salah satunya adalah wayang golek.


Nampak hadir Ketua PHBN Kuningan, Ucu Suryana yang juga Assisten Administrasi Umum Setda, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Cipicung, perangkat desa dan warga masyarakat.


Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.