Damkar Latih 200 Siswa Pramuka SMAN 1 Ciawigebang



KUNINGAN,- Sebanyak 200 siswa dan siswi Gerakan Pramuka Gugus Depan 10.147-10.148 SMA Negeri 1 Ciawigebang, mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai Pencegahan, Penanggulangan dan Penyelamatan Bahaya Kebakaran, Jumat (21/7/2023).



Mereka diberikan pemahaman dalam bentuk sosialisasi oleh 7 petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Kuningan, di Bumi Perkemahan Sidomba, Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.


"Kegiatan itu berlangsung kurang lebih dua jam mulai pukul 13:30 hingga 15:30 WIB," kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh. Khadafi Mufti.


Dijelaskan, dasar kegiatan Sosialisasi Pencegahan, Penanggulangan dan Penyelamatan Bahaya Kebakaran, mengacu kepada surat permohonan dari SMA negeri 1 Ciawigebang Nomor 047/DA.147.148/VII/2023 tentang Pelatihan Pencegahan Kebakaran dan Penggunaan APAR.


"Kami memberikan teori dan praktek lapangan tata cara penanggulangan kebakaran kepada para siswa dan siswi Gerakan Pramuka Gugus Depan 10.147-10.148 SMA Negeri 1 Ciawigebang," katanya.


Lebih lanjut dikatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk pelayanan dan pelatihan secara langsung kepada para siswa dan siswi Gerakan Pramuka dari pihak Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan.


Pemadam Kebakaran mengedukasi para siswa dan siswi Gerakan Pramuka serta membentuk karakter yang peduli dan tanggap terhadap bahaya kebakaran, melalui budaya gotong royong dan saling membantu di masyarakat. 


Bahkan ia pun menyarankan agar siswa dan siswi Gerakan Pramuka harus waspada terhadap segala jenis potensi kebakaran dan kebencanaan lainnya  dalam menghadapi berbagai kondisi yang setiap saat bisa berubah.


"Dengan adanya kegiatan itu, diharapkan para siswa dan siswi Gerakan Pramuka Gugus Depan 10.147-10.148 SMA Negeri 1 Ciawigebang dapat berperan aktif dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Kabupaten Kuningan," katanya.


Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.