Damkar Evakuasi Ular Piton Tiga Meter Saat Menyeret Ayam

Foto : UPT Pemadam Kebakaran.

KUNINGAN,- Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Kuningan berhasil menangkap ular piton (sanca) panjang tiga meter dan berat 11 kg ketika sedang menyeret seekor ayam ke dalam lubang.


"Ular piton ditangkap di belakang pabrik heuleur (penggilingan padi) milik Pak H. Enjang Hidayat (70) di Blok Kliwon RT17 RW08, Desa Kertaungaran, Kecamatan Sindangagung," kata Kepala UPT Damkar, Mh. Khadafi Mufti, sebagaimana penjelasannya di WAG Damkar, Kamis (13/4/2023).

Adanya ular piton bersadarkan informasi dari anak pemilik pabrik, Iwan Irawan (28), domisili di desa setempat yang melaporkan melalui telepon ke call center Damkar (0232) 871113.

"Dua anggota Damkar dari regu 1 dan satu unit Randis roda dua berangkat pukul 08.35 WIB, tiba di lokasi 08.50 WIB. Mulai eksekusi 08.55 WIB hingga 10.55 (±) 1 jam 10 menit," sebut Khadafi.

Menurut keterangan pelapor, pada pukul 08.00 WIB. ketika bapaknya akan mengontrol kolam yang bocor di belakang pabrik heuleurnya, melihat seekor ular piton sedang memangsa seekor ayam dan menyeretnya ke dalam lubang.

Ia berteriak memberitahukan keberadaan ular itu sehingga anaknya dan karyawan pabrik datang menghampirinya. Tak lama kemudian anaknya melaporkan dan meminta bantuan Pemadam Kebakaran.

"Apabila dibiarkan atau tidak dievakuasi dikhawatirkan ular piton dapat membahayakan pemilik pabrik heuleur beserta karyawannya, termasuk warga yang beraktivitas di sekitar pabrik," terang Khadafi.

Ia pun memberikan saran kepada warga masyarakat jangan membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah atau membiarkan halaman rumah kotor dan lembab karena akan mengundang ular masuk ke lokasi halaman rumah.

Ular piton biasa disebut juga ular sanca merupakan salah satu ular dari famili pythonidae. Jenis ular ini memiliki nama latin malayopython reticulatus yaitu sanca kembang. Sebaran ular sanca meliputi Afrika, Australia, Amerika, Asia, termasuk Indonesia.

Piton merupakan ular tidak berbisa dengan panjang antara 1,5 meter hingga 6,5 meter, sedangkan untuk beratnya satu kg hingga 75 kg. piton umumnya ditemukan di padang rumput, hutan tropis atau pun perairan air tawar.

Ciri dan karakteristik, kendati piton dikenal sebagai ular ganas, namun tidak mampu melihat sekelilingnya secara jelas, tidak bisa mendengar atau tuli, mampu mendeteksi suhu di sekitarnya, sangat ahli mendeteksi gerakan dan akan memangsa sesuai dengan kebutuhan kalorinya.

"Ular ini sanca mempunyai gigi tajam yang melengkung ke belakang, jumlah empat baris pada rahang atas serta dua di rahang bawah. Gigi tersebut digunakan untuk menangkap mangsa kemudian melilitnya dengan sangat kuat hingga jantung mangsanya berhenti," katanya.

Pewarta : deha.
Sumber : UPT Damkar Kuningan.

Diberdayakan oleh Blogger.