TK Al Ghafari Sering Didatangi Kera Liar




KUNINGAN,- Gerombolan kera ekor panjang (macaca fascicularis) akhir-akhir ini sering datang ke Taman Kanak-Kanak Al Ghafari, Jalan Otista Pasapen III, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.


Khawatir akan membahayakan anak-anak, Kepala TK Al Ghafari, Chotimah, melaporkan keberadaan kera tersebut ke Call Centre UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan No. 0232-871113 / 081322698881.


"Pukul 09.05 WIB anggota regu 3 sebanyak dua orang menggunakan KR 2 dengan membawa perlengkapan langsung tiba ke lokasi," kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan Mh. Khadafi Mufti, Rabu (18/1/2023).


Menurut keterangan Kepala TK Al Ghafari, kera yang berjumlah tiga hingga enam ekor itu biasanys datang pada pukul 07.00-09.00 WIB, berjalan di atas bangunan sekolah.


"Terakhir terlihat di area bermain dan memakan buah nangka yang disimpan di dapur dan ketika dicoba diusir kera itu seakan-akan hendak menyerang," katanya.


Berdasarkan hasil pendataan dan mitigasi, gerombolan kera berasal dari area perkebunan dan sungai yang berada di sebelah selatan Blok Pasapen, kera ini datang tiap pagi dan berjemur diatas sekolah juga perumahan warga.


Di area sekolah terdapat pohon nangka yang sedang berbuah dan pohon lainnya membuat kera tersebut sering datang ke tempat itu.


"Saat dilakukan meping/mitigasi, kera tersebut langsung berlarian dan kemungkinan kembali ke area perkebunan yang di bawahnya terdapat aliran sungai," katanya.


Apabila dibiarkan atau tidak dievakuasi dikhawatirkan mengganggu murid-murid yang sedang belajar maupun warga sekitar.


Oleh karena itu, warga masyarakat agar waspada apabila melihat maupun menemukan kera di pemukiman warga  jangan diberi makanan, lakukan pengusiran dengan menggunakan kentongan, bunyi-bunyian dan lainnya.


Pewarta : deha.
Sumber : Damkar Kuningan.

Diberdayakan oleh Blogger.