Hari Jadi ke-524 Kuningan, Kertawirama Pelopor Desa Digital Terintegrasi




KUNINGAN (KN),- Bertepatan dengan Hari Jadi ke-524 Kuningan, 1 September 2022 dan pesatnya teknologi digital di Indonesia, maka perlu adanya sistem transformasi informasi yang cepat termasuk dari desa-desa.

Apalagi Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menjadi salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih dalam Program Gerakan Menuju Kota  Cerdas (Smart City) Tahun 2022.

Sebelumnya, Bupati Kuningan telah menandatangani MoU dengan Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI terkait implementasi gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City) secara virtual di ruang Command Center Kabupaten Kuningan, Kamis (21/04/2022).

Seiring dengan itu, PT. Inti Smart Solution telah membuat sistem aplikasi bernama eDesa untuk memudahkan semua kebutuhan  digitalisasi di desa-desa yang ada di Kabupaten Kuningan.

"Untuk tahap awal kami telah bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, mengimplementasikan Desa Digital," kata Dirut PT. Inti Smart Solution, Rudi Kurniawan, Jumat (2/9/2022).

Lebih lanjut dijelaskan, kemarin malam ketika pembukaan Pameran Pembangunan di Terminal Tipe A Kertawangunan, ia didampingi Kades Kertawirama, Dani Siswanto, sudah berbicara langsung dengan Bupati Kuningan.

"Pak Bupati Acep merespon positip dan mengapresiasi aplikasi eDesa di Kertawirama sebagai Desa Digital," katanya.

Bahkan pejabat lainnya seperti Kadis Kominfo, Kadis PMD, para camat dan kades turut mensuport aplikasi eDesa karena sangat membantu sistem pelaporan yang terintegrasi.

"Dalam aplikasi eDesa terdapat informasi berbagai data yang diperlukan Pemkab Kuningan dan masyarakat secara luas, mulai dari pemerintahan, sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lainnya," jelas Rudi.

Di bidang pemerintahan, akan memudahkan Bupati Kuningan, pada saat monitoring untuk mengetahui secara cepat kondisi desa dengan berbagai potensinya sejalan Visi Kuningan MAJU (Ma'mur, Agamis, Pinunjul)  Berbasis Desa 2023.

Sedangkan bagi masyarakat luas, dengan adanya aplikasi eDesa akan mudah meng-update informasi, sehingga kebutuhan data yang diperlukan akan lebih cepat.

Desa Kertawirama akan menjadi stimulus bagi desa lainnya karena dengan menggunakan aplikasi eDesa maka akan terbangun sinergitas antar desa.

"Kami berharap desa-desa lainnya dapat mencontoh Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang," pungkas Rudi.

Pewarta : deha
Diberdayakan oleh Blogger.