180 Anak TPQ/TPA Ikuti Festival Ramadhan Cahaya Sekolah Kehidupan 2022


KUNINGAN (KN),- Sebanyak 180 anak dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ/TPA) mengikuti Festival Ramadhan Cahaya Sekolah Kehidupan di Graha Ahmad Bagdja, Desa Pajawan Kidul, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan, Minggu (17/4/2022).
 
“Kegiatan ini bekerja sama dengan Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ) mulai 17 hingga 24 April 2022,” kata Yanuar Prihatin yang merupakan motivator dari Sekolah Cahaya Kehidupan, kepada kamangkaranews.com.    
 
Disebutkan, Festival Ramadhan tahun ini merupakan kali pertama diadakan, sehingga cakupan wilayahnya baru lima kecamatan yaitu Lebakwangi, Maleber, Ciawigebang, Garawangi dan Sindangagung.
 
Adapun lomba terdiri dari Lomba Cerdas Cermat, Lomba Pidato Cilik (Kategori Putra dan Putri), Lomba Pidato Cilik (Kategori Putra dan Putri) Antar Pondok Pesantren, Lomba Adzan, Lomba Kaligrafi serta Lomba Tahfidz (Kategori Putra dan Putri).
 
“Ini acara pertama kali kita gagas, mudah-mudahan tahun depan bisa rutin dilakukan, makanya wilayah masih terbatas baru lima kecamatan tetapi responnya sangat luar biasa dengan jumlah peserta 180 anak mengikuti lomba,” sebutnya.
 
Festival Ramadhan untuk mengisi kegiatan kepada anak-anak supaya mereka ada kesempatan, ada peluang dan kesempatan untuk berlatih meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya.  
 
Selama Ramadhan anak-anak mendapatkan aktivitas positip karena ketika akan ikut lomba, mereka sering berlatih sehingga meningkatkan kreasi sesuai pilihan lomba masing-masing.
 
Kenapa anak-anak ? karena pondasi penting harus dibangun sejak usia masih anak-anak.
 
“Kita bangun kreativitasnya, inovasinya, sikap mentalnya, keberanian mengungkapkan sesuatu, rasa optimisme, percaya diri, semangat dan kekompakan kerja sama tim karena dalam lomba dilatih semuanya,” katanya.
 
Lebih lanjut dijelaskan, Festival Ramadhan mendapat respon yang bagus dan setelah mendapat masukan dari berbagai pihak, mengusulkan agar kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan tingkatannya hingga wilayah kabupaten.
 
Pembukaan dihadiri Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ), Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Kuningan dan Kades Pajawan Kidul.
 
“Kepada para juara diberikan trophy, sertifikat dan uang pembinaan yang akan diserahkan pada saat acara penutupan,” katanya.  



Pantauan kamangkaranews.com, Lomba Cerdas Cermat hari ini, babak penyisihan diikuti 45 anak untuk menjawab pertanyaan secara tertulis. Setelah diseleksi, tiga TPQ berhasil masuk ke babak final.  
 
Hasil selengkapnya, Juara I TPQ Miftahul Falah, Lebakwangi. Juara II TPQ Fatahilah, Ciawigebang. Juara III TPQ Majma’ul Anwar, Sindangagung.
 
Posisi harapan (tidak diikutkan ke babak final) terdiri dari Harapan I TPQ Miftahus Sudur, Lebakwangi. Harapan II TPQ Al Istiqomah, Lebakwangi dan Harapan III TPQ Al Amin, Maleber.     
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.