Tiga Terminal Wisata Terpadu Mulai Difungsikan


KUNINGAN (KN),- Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini memiliki tiga Terminal Wisata Terpadu di Desa Paniis, Kecamatan Pasawahan, Kecamatan Subang dan Kecamatan Cibingbin.
 
Difungsikannya tiga terminal tersebut diresmikan Bupati Kuningan, Acep Purnama, dipusatkan di Terminal Wisata Terpadu Paniis, Kamis (25/11/2025).
 
Kepala Dinas Perhubungan, Jaka Chaerul, mengatakan, Kabupaten Kuningan pada 2019 mendapat bantuan dari Provinsi Jabar, sehingga bisa terwujud tiga Terminal Wisata Terpadu.
 
“Tiga terminal ini terletak di perbatasan Utara Barat dengan Kabupaten Cirebon dan Majalengka di Desa Paniis. Sebelah Timur dengan Kabupaten Brebes di Kecamatan Cibingbin dan Selatan dengan Kabupaten Ciamis di Kecamatan Subang,” katanya.
 
Menurutnya, untuk mendukung tiga terminal itu sudah dilakukan pengembangan trayek, terdiri dari Angkutan Pedesaan (Angdes), Angkutan Khusus Wisata (AKW), Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Pemandu Moda (APM).
 
Selain itu pula ada Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP), Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP) dan Angkutan Khusus Perbatasan (AKP).
 
“Angdes meliputi trayek Terminal Kadugede-Cilebak via Subang. Subang-Tangkolo. Kadugede-Hantara via Cageur. Cilimus-Terminal Wisata Paniis via Caracas,” katanya.
 
AKW yaitu trayek Terminal Wisata Terpadu Paniis-Obyek Wisata Kebun Raya Kuningan-Cibuntu. Kadugede-Obyek Wisata Darma. Kadugede-Obyek Wisata Curug Bangkong.
 
Sedangkan AKDP, trayek Terminal Wisata Terpadu Paniis-Terminal Harjamukti Cirebon. Terminal Wisata Terpadu Paniis-Rajagaluh Majalengka. Subang-Kuningan-Cikijing-Majalengka. Subang-Kuningan-Rancah Ciamis. Subang-Kuningan-Banjar.
 
“Kemudian trayek Kuningan Terminal Kertawangunan-Pangandaran. Kuningan Terminal Kertawangunan-Cikarang,” kata Jaka menambahkan.
 
Selanjutnya APM, trayek Kuningan-Terminal Kertawangunan-Bandara Kertajati Majalengka. Kuningan-Terminal Kertawangunan-Station Kereta Api Cirebon. Terminal Wisata Terpadu Paniis-Bandara Kertajati. Terminal Wisata Terpadu Paniis-Station Kereta Api Cirebon.
 
Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP) trayek Kuningan-Bogor. Kuningan-Bekasi. Kuningan-Depok. Kuningan-Sukabumi. Kuningan-Cikarang dan Kuningan-Garut.
 
“Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP) trayek Kuningan-Serang dan Angkutan Khusus Perbatasan (AKP) trayek Cibingbin-Banjarharjo Brebes,” katanya.
 
Keberadaan tiga Terminal Wisata Terpadu, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat sudah ada MoU dengan Dishub Provinsi Jawa Tengah.
 
“Dengan adanya tiga Terminal Wisata Terpadu ini mudah-mudahan memberikan manfaat kepada masyarakat dalam upaya pelayanan transportasi,” pungkasnya. 
 
Nampak hadir Kepala P3LLAJ Wilayah 4 Jawa Barat, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat 10 Jabar, Sekda Kuningan, Kadishub Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Brebes, Ciamis, Banjar dan Majalengka, Organda dan Jasa Raharja.
 
Hadir pula, Wakil Ketua DPRD Kuningan, Ketua Komisi III DPRD Kuningan, Danramil Mandirancan, Kapolsek dan Camat Pasawahan, Subang dan Cibingbin. Begitu pula Kades Paniis, Pasawahan dan Mandirancan maupun tamu undangan lainnya.
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.