Polres Kuningan Antisipasi Arus Balik dan Meningkatnya Kunjungan Obyek Wisata



KUNINGAN (KN),- H+2 Idul Fitri 1442 H, Polres Kuningan menggelar apel mengantisipasi arus balik dan meningkatnya warga masyarakat Kuningan yang berkunjung ke berbagai obyek wisata.

 

Informasi yang diterima dari Humas Polres, apel dipimpin Kapolres Kuningan, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, di halaman Mapolres Kuningan, Minggu (16/5/2021).

 

Peserta apel terdiri dari Wakapolres Kuningan, para Kabag, Kasat Opsnal dan Perwira Polres Kuningan serta anggota satgas yang telah dibentuk Polres Kuningan, diantaranya Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Gakkum dan Satgas Bantuan.

 

Kapolres mengatakan, tujuan diadakannya apel sebagai langkah antisipasi arus balik mudik dan upaya pencegahan banyaknya warga masyarakat yang berkerumun di berbagai obyek wisata sesuai kebiasaan pasca perayaan hari raya Idul Fitri.

 

"Kami arahkan agar Tim Satgas dapat melakukan koordinasi dengan pengelola objek wisata untuk selalu menerapkan prokes (protokol kesehatan) dan membatasi kapasitas pengunjung sebanyak 50%,” sebutnya.

 

Masih kata Kapolres, apabila ada obyek wisata yang tidak melaksanakan protokol kesehatan, maka akan memberikan peringatan sampai kepada penutupan dan pencabutan izin usaha.

 

“Kegiatan pemantauan obyek wisata, akan dilakukan oleh Tim gabungan dengan Kodim 0615 Kuningan, Sat Pol PP, BPBD, Dinas Kesehatan dan Dishub Kabupaten Kuningan,” katanya.

 

Kapolres menambahkan, pihaknya akan melakukan test Swab Antigen kepada para pengunjung obyek wisata secara random, sehingga apabila ada warga masyarakat yang positip terpapar Covid-19, akan dilakukan tindakan lebih lanjut.

 

Terkait dengan membludaknya jumlah masyarakat yang mengunjungi obyek wisata, ia menekankan kepada semua anggota satgas yang telah dibentuk agar pelaksanaan di lapangan lebih mengedepankan sisi humanis dan persuasif.

 

“Hindari perdebatan dengan masyarakat yang berpotensi viral dan kontraproduktif,” katanya.



 


Usai pelaksanaan apel di Mapolres Kuningan, Kapolres beserta jajaran, selanjutnya melaksanakan apel gabungan di halaman Setda Kuningan untuk melakukan kunjungan dan pemantauan ke berbagai obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan.

 

deha

Sumber : Humas Polres Kuningan.


Diberdayakan oleh Blogger.