Pemdes Karang Talok Bangun Kanal Air Pertanian Program Inovasi Desa

 


PEMALANG (KN),- Pemerintah Desa Karang Talok, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, berencana membangun kanal air untuk memenuhi kebutuhan irigasi lahan pertanian di desa tersebut.

 

Pembangunan kanal air berkesinambungan akan dilakukan di atas tanah aset desa seluas 7 hektar itu merupakan kebijakan terobosan strategis yang diambil oleh satu-satunya pemerintah desa yang ada di Kabupaten Pemalang.

 

Sekretaris Desa Karang Talok, Cipto, saat ditemui  di balai desa setempat, Kamis (8/10/2020) mengatakan, selain pembangunan kanal air ini juga akan dibuat kebun mangga, kolam renang dan kolam ikan.

 

Dikatakan, sesuai dengan program pemerintah tentang inovasi desa untuk pendapatan asli desa maka desa membuat program ini.


“Selain pembuatan kanal air untuk kebutuhan pertanian juga kanal tersebut bisa dijadikan tempat budidaya ikan, kebun mangga yang sengaja kami budidayakan diharapkan bisa menjadi pendapatan desa serta adanya kolam renang diharapkan bisa menjadi wahana wisata yang juga bisa menjadi sumber pendapatan desa," katanya.

 

Sementara ini pelaksanaan kegiatan terhenti karena masih dalam proses penyidikan oleh pihak berwajib karena diduga ada kesalahan dalam pembuangan limbah tanah galian.

 

“Hal itu atas ketidaktahuan kami dalam mengolah limbah galian karena tidak ada pendampingan maupun edukasi dari pihak terkait, padahal sesuai arahan Dispermades dan Kabag Hukum Pemkab Pemalang yang terpenting sudah dimusdeskan dan itu sudah kami penuhi," katanya.

 

Pekerjaan juga sesuai dengan master plane, semoga proses penyelidikan cepat selesai dan bisa melanjutkan program inovasi desa untuk kepentingan masyarakat Desa Karang Talok.

 

Sementara itu, Tanuji, warga setempat yang berhasil ditemui di sekitaran proyek mengaku senang dengan adanya rencana program desa tersebut, harapannya kanal tersebut bisa mencukupi kebutuhan air untuk semua lahan sawah di desa setempat.

 

"Ini kalau sudah jadi kebutuhan air disini sudah tidak kekurangan lagi memang istilahnya kades kami yang paling bagus dalam urusan pertanian," ungkapnya.

 

Pewarta : sR

Editor : deha

 

Diberdayakan oleh Blogger.