Syarat Jadi Anggota PWI Harus Ikuti OKK Dulu

 


KUNINGAN,- Bagi wartawan yang ingin menjadi anggota organisasi profesi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan, terlebih dahulu harus mengikuti pelaksanaan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK)  sesuai dengan Pasal 3 Peraturan Dasar Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) PWI.

 

“Syarat lainnya yaitu aktif bekerja sebagai wartawan pada perusahaan media yang berbadan hukum pers,” kata Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi, Rabu (23/9/2020).

 

Kemudian, tidak pernah dihukum oleh pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap akibat melakukan tindak pidana yang bertentangan dengan martabat dan profesi kewartawanan serta menyatakan tunduk dan taat terhadap segala peraturan PWI.

 

“Untuk menjadi anggota PWI kategori muda di daerah mana saja termasuk Kabupaten Kuningan, terlebih dahulu para jurnalis harus menempuh tahapan OKK dengan ketentuan persyaratan sesuai  PDPRT  hasil kongres PWI XXIV di Solo,” katanya.  

 

Sedangkan pelaksanaan OKK PWI di Kabupaten Kuningan, kata lulusan terbaik Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) angkatan II tahun 2016, direncanakan pada Oktober 2020 mendatang. Karena sebelumnya, ia telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan PWI Provinsi Jawa Barat.

 

Pada kegiatan kewartawanan di akhir masa jabatan kepengurusan PWI Kabupaten Kuningan periode 2017-2020 tersebut, bakal menghadirkan para narasumber yang berkompeten supaya ilmunya bisa terserap secara maksimal oleh peserta.

 

“Karena nantinya, mereka bakal membeberkan berbagai macam materi yang sangat penting dalam menunjang tugas kewartawanan,” ujarnya.

 

Diantaranya,  tata cara penulisan berita yang benar sesuai dengan kaidah jurnalistik, prospek wartawan dan media, Undang-Undang Pers No. 40 tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), sejarah dan organisasi PWI serta materi kewartawanan lainnya.

 

“Melalui kegiatan OKK, diharapkan terjaring calon-calon anggota PWI Kuningan yang berkualitas, menguasai dan memahami dunia jurnalistik dan memiliki militasi yang tinggi terhadap kemajuan organisasi,” harapnya.

 

deha

 

Diberdayakan oleh Blogger.