Sekda Dian : SIKP dan KUR Agar Tepat Sasaran




KUNINGAN (KN),- Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar mengharapkan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) untuk memaksimalkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) agar tepat sasaran.

Hal itu dikatakan ketika membuka kegiatan Fasilitasi Data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) yang diselenggarakan Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kuningan bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon, di RM Lembah Ciremai, Selasa (25/2/2020).

Menurut Dian, dengan adanya aplikasi SIKP akan mempermudah informasi tentang akses pembiayaan bagi pelaku usaha kecil, mikro dan koperasi yang bersifat legal. Sehingga ke depan penyaluran bantuan pembiayaan berupa KUR akan tepat sasaran.

"Program SIKP ini merupakan Data Base Online (Basis Data) yang menyediakan calon debitur dari UMKM yang terpercaya dan dapat dijadikan rujukan bagi bank penyalur KUR. Sehingga nantinya diharapkan efektif dan tepat sasaran dalam penyaluran kreditnya," katanya.

Para pelaku UMKM yang mengajukan KUR terlebih dahulu menyampaikan ke Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Kuningan untuk diinput dalam program SIKP, sehingga para debitur dapat mudah diakses oleh bank penyalur KUR.

"Disamping itu saya berharap, dalam pengajuan modal usaha hendaknya hati-hati, perhatikan siapa pemberi kredit. Karena sekarang ini menjamur pinjaman online dan penawaran investasi bodong," imbuhnya.

Dengan terintegrasinya program KUR dan SIKP, dapat menopang kemajuan dan perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah, sehingga akan menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Kuningan yang akan berdampak pada peningkatan angka kesejahteraan masyarakat. 

Nampak hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Deni Hamdani, Kabag Perekonomian dan SDA, Toto Toharudin dan sejumlah pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Kuningan.

deha
Sumber : Diskominfo Kuningan

Diberdayakan oleh Blogger.