Teh Tyas Ajak Generasi Milenial Bangga Pakai Baju Batik



JAKARTA (KN),- Wakil Sekretaris Jenderal Sekretariat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Wasekjend ILUNI UI) periode 2019-2022, Ayuningtyas Widari Ramdhaniar, mengajak generasi muda atau milenial agar memiliki sikap bangga memakai baju batik Indonesia.

Menurut Teh Tyas, panggilan akrabnya, kepada media ini mengatakan, Selasa (2/10/2019) rasa nasionalisme bukan hanya identik dengan perang di medan pertempuran membela tanah air tetapi memakai batik termasuk nasionalisme melestarikan warisan leluhur hasil karya Bangsa Indonesia.

Apalagi batik Indonesia sudah diakui UNESCO sejak 2 Oktober 2009 sebagai warisan kemanusiaan untuk Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

“Oleh karena itu, pada tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional,” katanya.
   
Dijelaskan Tyas, UNESCO adalah Badan PBB membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan, secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Tyas yang lahir di Kabupaten Kuningan, menambahkan, UNESCO memasukkan batik dalam daftar representatif budaya benda warisan manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

“Pada tanggal ini (2 Oktober, red), beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik,” katanya.

Terkait kepercayaan yang diberikan teman-teman Alumni UI untuk menempati posisi Wasekjend ILUNI UI periode 2019-2022 dalam kepengurusan yang dibentuk kemarin, ia mengakui hal itu adalah tantangan untuk bisa mengabdikan diri kepada organisasi.

“Saya masih aktif sebagai Kabid Organisasi dan Kaderisasi DPW Srikandi DKI Jakarta dan SAPMA Pemuda Pencasila DKI Jakarta,” pungkas perempuan yang dikenal organisatoris itu menutup pembicaraan.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.