Bamsoet : Pancasila Pemersatu Common Idea Masyarakat Indonesia




PURBALINGGA (KN),- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, dalam siaran persnya, mengatakan, untuk membangun bangsa yang kuat dan memiliki kesadaran bela negara, diperlukan sebuah payung yang mendukung proses integrasi di dalam masyarakat.

“Sehingga suku dan etnis yang berbeda dapat mengedepankan identitas nasionalnya sebagai identitas utama,” katanya ketika memberikan kuliah umum pada kuliah perdana di UNPERBA, Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (13/9/2019).

Hal tersebut idealnya mencakup norma, nilai dan tujuan yang berasal dari common idea masyarakat Indonesia dan dileburkan ke dalam bentuk ideologi sebagai pemersatu gagasan masyarakat. Ideologi yang di maksud dalam hal ini merupakan ideologi Pancasila.

Ia berharap, lulusan UNPERBA, apapun profesinya, harus ikut ambil bagian dalam melakukan pendidikan kesadaran bela negara minimal dari lingkungan terdekatnya terlebih dahulu, terutama keluarga.

Tanamkanlah kesadaran ber-Pancasila secara terus-menerus dalam diri setiap individu, dengan segenap kemampuan atau kesanggupan yang ada pada diri Anda sebagai mahasiswa dan sebagai lulusan Universitas UNPERBA nanti," kata Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila itu.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.