Puncak Musim Hujan Kemensos dan BNPB Harus Siapkan Fasilitas




JAKARTA (KN),- Kementerian Sosial (Kemensos), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar meningkatkan kesiapan fasilitas menyikapi perubahan cuaca Bulan Januari sebagai puncak dari musim penghujan.

“Perubahan cuaca tersebut berpotensi memicu bencana seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, tanah bergerak, angin kencang, maupun pohon tumbang di sejumlah wilayah Indonesia,” kata Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Rabu (9/1/2019).

Pemerintah pusat maupun daerah memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat agar dapat mengantisipasi dampak dari puncak musim hujan pada bulan Januari ini, apalagi yang tinggal di dekat Daerah Aliran Sungai/DAS untuk mewaspadai potensi terjadinya banjir, banjir bandang dan tanah longsor.

“Terutama melakukan pertolongan terhadap korban dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, tanah bergerak, angin kencang, maupun pohon tumbang. Mengantisipasi dan mencari solusi terhadap wilayah-wilayah yang masih terisolasi atau sulit akses,” katanya.

Ia meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) selalu meng-update kondisi cuaca serta bekerjasama dengan lembaga penyiaran publik dalam menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat;

Selain itu pula dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam menyampaikan informasi cuaca khususnya untuk kepentingan transportasi udara (kepentingan penerbangan melalui Air Traffic Control/ATC), transportasi laut, danau, sungai (nakhoda kapal) dan transportasi darat.

Andika--


Diberdayakan oleh Blogger.