Pasukan Biru Selamatkan Burung Hantu



KUNINGAN,- Pemadam Kebakaran (Damkar) yang dikenal dengan Pasukan Biru Serba Bisa karena segala jenis tugas bisa dilaksanakan, mulai memadamkan api kebakaran, evakuasi binatang berbahaya hingga tugas kemanusiaan dan sosial, bahkan menyelamatkan binatang yang nyaris mati.




Seperti halnya ketika menolong burung hantu yang terlilit benang bekas layang-layang di atas pohon tanjung yang berada di halaman kantor Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Selasa (31/1/2023).

"Tadi pagi kami menerima laporan via telepon dari Kasi Trantib Kecamatan Mandirancan, Pak Darkum, adanya burung hantu yang terlilit benang layang-layang di atas pohon tanjung," katamKepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh. Khadafi Mufti, dalam keterangan persnya.

Disebutkan, pukul 09.40 WIB tiga anggota piket regu 1 dan 1 Randis R4 RR dalam waktu sekira 20± 20 menit tiba di lokasi dan mengevakuasi burung tersebut karena jika burung itu tidak segera diselamatkan khawatir akan mati tergantung di atas pohon tanjung.

Dijelaskan, nama ilmiah burung hantu yaitu strigiformes. Filum chordata. Kelas Aves. Family strigidae. Kerajaan animalia. Burung ini merupakan ordo strigiformes dan termasuk binatang malam pemakan daging (carnivora) diantaranya serangga, kodok, tikus dan lainnya. 

"Kepada warga masyarakat yang membutuhkan bantuan misalnya terjadi kebakaran dan evakuasi bintang berbahaya misalnya ular, jangan ragu-ragu melaporkan ke kami melalui telepon  0232-871113 / 081322698881, siap melayani gratis," kata Khadafi menambahkan.

Pantauan kamangkaranews.com, di daerah pantura, ekosistem burung hantu dijaga oleh para petani bahkan di tengah-tengah sawah dibuatkan kandang terbuka karena burung ini membantu petani membasmi hama padi yaitu tikus.

Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.