Awal 2023 Uniku Bertambah Prodi PPG




KUNINGAN,- Di awal 2023, Universitas Kuningan (Uniku) yang merupakan kampus pertama di Kabupaten Kuningan menerima kabar yang sangat berbahagia karena saat ini memiliki Program Studi (Prodi) baru yaitu Pendidikan Profesi Guru (PPG).


Dilansir dari Humas Uniku, Sabtu (21/1/2023) kabar itu langsung disampaikan Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, setelah menerima Surat Keputusan (SK) pembukaan Prodi PPG bersama SK Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Uri Syam.


SK tersebut diterima dari Kepala Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten Dr. M Samsuri, MT, di Aula Gedung LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten, Jumat (20/1/2023).


“Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT atas keluarnya SK Prodi baru Pendidikan Profesi Guru (PPG)," kata Dikdik yang juga Wakil Rektor III Uniku dua periode.


Lebih lanjut dikatakan, ini merupakan anugerah yang sangat luar biasa dikarenakan penantian panjang, namun akhirnya hari ini bisa keluar SK-nya dari Kemendikbudristek Dikti RI melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jabar dan Banten.


Menurut Dosen Magister Manajemen (MM) Sekolah Pascasarjana Uniku itu, Prodi PPG selanjutnya akan berada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) dan menjadi Prodi ke-20 yang ada di Uniku.


Ia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah kepada Uniku untuk membuka Prodi PPG kedepan. Ini sebuah kepercayaan dan amanah yang harus dijalankan.


Begitu pula ungkapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh civitas akademika Uniku yang telah mendukung dan mendoakan Prodi PPG ini sehingga akhirnya bisa keluar SK-nya pada hari ini.


“Mari kita persiapkan dengan sebaik-baiknya agar Prodi yang baru ini bisa langsung mengikuti jejak Prodi yang sudah ada di Uniku. Insya Allah, kita juga sedang menunggu hasil dari Prodi Bisnis Digital serta dua Prodi lagi yaitu Bimbingan Konseling dan Teknik Mesin sedang dipersiapkan dan akan diajukan,” pungkasnya.


Terpisah, Dekan FKIP Uniku, Asep Jejen Jaelani, turut bersyukur ke hadirat Allah SWT karena SK Prodi PPG telah keluar.


“Alhamdulillah atas doa dan ikhitiar kami akhirnya bisa menyelanggarakan PPG. Prodi PPG ini sering disebut “mahkota”nya FKIP," kata Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Uniku itu.


Berdasarkan SK no.95/E/O/2023 bahwa bidang studi yang disetujui pada Prodi PPG Uniku yakni Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.


"Dalam pengajuannya, kami mengusulkan maksimal lima bidang studi dan Alhamdulillah kelima bidang studi tersebut disetujui dan tanpa ada revisi dalam pengajuannya,” sebutnya.


Atas nama pimpinan FKIP Uniku, ia mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan, Rektor dan Wakil Rektor Uniku, rekan pimpinan FKIP, dan tim task force PPG FKIP Uniku.


“Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada FKIP Untirta, atas bimbingan dan arahannya dalam konsorsium PPG sehingga kami berhasil mendapatkan Prodi PPG,” pungkas Jejen dengan nada bahagia. (*)

Diberdayakan oleh Blogger.