Akun Facebook Pegawai Pemkab Kuningan Sedang Umroh Dihack untuk Penipuan




KUNINGAN (KN),- Akun media sosial facebook milik Sekretaris BPBJ Setda Kuningan, Engking Sarki, yang saat ini sedang melaksanakan umroh bersama suaminya, ternyata ada yang menghack. 

Bukan hanya itu, akun FB tersebut disalahgunakan oleh seseorang untuk melakukan penipuan berupa permintaan pulsa ke nomor telepon selular melalui pesan di messenger ke beberapa teman atau kolega pemilik akun FB yang asli. 

“Awalnya saya merasa senang karena teman saya yang sedang umroh tiba-tiba menghubungi via messenger menggunakan Bahasa Indonesia,” kata Dadang Hendrayudha, kepada media ini, Rabu (4/12/2019). 

Dijelaskan, ia mulai curiga karena isi pesan itu ada permintaan pulsa sebesar 200 ribu ke nomor telepon yang berbeda dengan nomor WhatsApp yang selama ini tercacat dalam telepon selularnya dengan alasan m-bankingnya ada gangguan dan mau menghubungi keluarganya di Indonesia. 

“Kecurigaan lainnya karena dalam pesan di messenger terdapat kalimat ‘nanti diganti lebih uang pulsanya’ sebab yang saya tahu kalimat tersebut bukan sifat asli teman saya yang bernama Engking Sarki,” tandas Dadang. 

Ia menegaskan, kecurigaan semakin kuat ketika Dadang mengajak chating di messenger menggunakan bahasa sunda tetapi orang itu tidak merespon alias tidak membalas ajakannya. 

Karena terdorong penasaran, maka Dadangpun membuka akun FB temannya tersebut dan ditemukan kalau akun FB atas nama Engking Sarki ternyata ada dua. Kemudian ia dua kali menelpon ke nomor yang dicantumkan dalam messenger itu tapi dua kali jawaban dari operator selular nomor yang dituju sedang tidak aktif. 

“Tak lama saya konfirmasi mengirim pesan ke nomor WhatsApp teman saya itu dan mendapatkan jawaban kalau messenger dimaksud bukan akun FB miliknya,” kata Dadang. 

Selang beberapa menit, ia mendapatkan informasi dari teman lainnya sesama alumni SMPN 1 Kuningan ’81 yang memberitahukan agar berhati-hati terkait adanya permintaan pulsa melalui messenger di akun FB yang dipalsukan.

(Red)

Diberdayakan oleh Blogger.