Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya (Bagian Terakhir)

Sebelumnya : http://www.kamangkaranews.com/2020/11/mengenal-40-jenis-tanaman-obat-keluarga_13.html 27.Landep   Tanaman ini tergolong...



Sebelumnya : http://www.kamangkaranews.com/2020/11/mengenal-40-jenis-tanaman-obat-keluarga_13.html


27.Landep

 

Tanaman ini tergolong tanaman yang perdu. Biasanya orang menanamnya untuk dijadikan pagar. Daun landep bermanfaat sebagai obat sakit pinggang, rematik, sakit perut, kudis dan mencegah penyakit cacingan.

 

28.Daun Saga Rambat

 

Orang biasa menyebut tanaman ini Saga. tanaman obat ini dapat kita jumpai di pinggir jalan, pekarangan, di kebun, bahkan di sawah. Orang menganggap tanaman ini sebagai gulma. Tanaman ini bisa mengobati sariawan dan obat batuk. 

 

Anda cukup mengeringkan daunnya sampai layu, kemudian mengunyahnya.

 

29.Daun Adem Ati

 

Tanaman ini memiliki pohon yang bisa tumbuh mencapai 10 meter. Yang dimanfaatkan dari tanaman obat ini adalah daun dan akar, biasa digunakan untuk obat sakit kencing manis dan radang usus.

 

30.Daun Sirih

 

Siapa yang tak mengenal tanaman ini. Semua orang pasti mengenalnya. Tanaman dipecaya sebagai obat untuk menjaga area kewanitaan. Caranya cukup mudah anda hanya perlu merebus beberapa helai daun sirih, kemudian basuhlah area kewanitaan anda dengan airnya yang masih hangat. Tanaman obat ini juga bisa menyembuhkan sakit mata dan mimisan.

 

31.Daun Adas

 

Tanaman ini biasanya ditanam di depan rumah sebagai TOGA atau bumbu masakan. Tanaman ini banyak mengandung vitamin C. Manfaatnya adalah untuk mengobati sakit mata, sesak nafas, diare, jantung dan juga mencegah timbulnya kanker.

 

32.Jambu Biji

 

Nah, tanaman obat yang satu ini sangat sering kita jumpai. Buahnya yang enak dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah serta daunnya dipercaya berkhasiat untuk mengobati diare.

 

33.Akar Wangi

 

Akar dari tanaman ini biasanya diolah untuk kemudian digunakan sebagai parfum. Batangnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat, antara lain sebagai obat pegel linu, rematik dan batu ginjal. Tanaman ini juga bisa untuk mengatasi bau mulut dan bau badan.

 

34.Daun Kelor

 

Orang mengenal tanaman ini sebagai peluntur susuk, namun mempunyai manfaat lain, yakni sebagai obat penurun panas dan demam, daun kelor juga bagus untuk menjaga metabolisme tubuh.

 

35.Temu Ireng

 

Tanaman ini tergolong dalam rempah – rempah. Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman obat keluarga. Dipercaya bisa menambah nafsu makan selain itu juga dapat menyembuhkan remati, pegal linu dan encok.

 

36.Jahe

 

Siapa yang tak kenal tanaman ini, Jahe biasa digunakan untuk penyedap makanan atau minuman untuk menghangatkan badan, selain itu Jahe juga menyembuhkan sakit asma, sakit tenggorokan dan masuk angin.

 

37.Kunyit

 

Kunyit dikenal sebagai bumbu masakan dan juga pewarna makanan alami. tanaman obat ini bisa menjadi penawar racun serta obat dari penyakit leukemia, maag dan juga bisa menambah produksi ASI.

 

38.Lengkuas

 

Selain dikenal sebagai bumbu masakan, lengkuas ternyata juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain, diare, tumor dan rematik.

 

39.Kencur

 

Kencur termasuk rempah – rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman obat ini bisa menyembuhkan sakit kepala, batuk dan bisa menambah nafsu makan.

 

40.Lempuyang

 

Tanaman obat ini dikenal orang sebagai pelangsing tubuh, selain itu lempuyang juga dipercaya sebagai obat kanker, diare dan juga penambah nafsu makan.


Itulah macam – macam tanaman obat yang ada di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan alami. Alam sudah menyediakan obat – obatan alami untuk menjaga kesehatan kita. Selain murah, tanaman obat juga lebih sehat.


deha

Sumber : dari berbagai referensi tanaman obat herbal. 

Nama

BERITA,1447,FEATURE,263,HEADLINE,1762,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,7,
ltr
item
kamangkaranews: Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya (Bagian Terakhir)
Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya (Bagian Terakhir)
https://1.bp.blogspot.com/-JQWhkwBmLqs/X7ClOWbyRxI/AAAAAAAAGzM/Ci4TP4HxUUooqzVDaMGe_RTQjAKktxDgwCLcBGAsYHQ/s320/Tanaman%2Bobat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JQWhkwBmLqs/X7ClOWbyRxI/AAAAAAAAGzM/Ci4TP4HxUUooqzVDaMGe_RTQjAKktxDgwCLcBGAsYHQ/s72-c/Tanaman%2Bobat.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2020/11/mengenal-40-jenis-tanaman-obat-keluarga_15.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2020/11/mengenal-40-jenis-tanaman-obat-keluarga_15.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content