Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya (Bagian Kedua)

  Sebelumnya : http://www.kamangkaranews.com/2020/11/mengenal-40-jenis-tanaman-obat-keluarga.html   14.Ciplukan   Tanaman obat yan...

 


Sebelumnya : http://www.kamangkaranews.com/2020/11/mengenal-40-jenis-tanaman-obat-keluarga.html

 

14.Ciplukan

 

Tanaman obat yang satu ini sangat familiar di telinga kita, tanaman obat ini mempunyai buah yang enak rasanya dan disukai oleh anak – anak. 

 

Ciplukan biasanya tumbuh di area persawahan. Tanaman obat ini ampuh menyembuhkan penyakit kanker paru – paru, asma, radang tenggorokan, dan beberapa penyakit lainnya.

 

15.Brotowali

 

Tanaman obat yang satu ini rasanya pahit. Namun dibalik rasanya yang pahit, ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain bisa menyembuhkan penyakit malaria, kencing manis, rematik, serta bisa digunakan untuk mengobati luka.

 

16.Daun Benalu

 

Kita mengenal benalu sebagai parasit pada tanaman lainnya. Namun jangan salah, ternyata benalu juga termasuk tanaman obat. Tanaman ini berkhasiat menyembuhkan penyakit tumor, amandel, kencing yang tidak lancer dan juga gangguan usus.

 

17.Biji Mahoni

 

Banyak tumbuh di pulau Jawa. Selain kayunya yang bermanfaat sebagai bahan baku mebel. Biji dari tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Tanaman obat ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit rematik, masuk angin, juga bisa menambah nafsu makan.

 

18.Daun Jinten

 

Tanaman obat yang satu ini biasa tumbuh liar di pekarangan atau di kebun. Daun jinten dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ayan, rematik serta menjaga kestabilan metabolisme tubuh.

 

19.Cempaka Putih

 

Orang biasa mengenal tanaman ini dengan sebutan kantil. Tanaman ini mempunyai bunga yang sangat harum baunya. Tak heran jika biasa digunakan untuk upacara adat atau acara pernikahan. 

 

Tanaman obat ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan bau badan. Selain itu tanaman obat ini juga bisa menyembuhkan penyakit keputihan, batuk dan juga perut kembung.

 

20.Daun Andong

 

Tanaman obat yang satu ini mempunyai daun yang cantik. Selain warnanya yang cantik, tanaman juga bisa digunakan sebagi obat untuk penyakit diare, nyeri haid, wasir dan juga radang gusi.

 

21.Daun Bakung

 

Tanaman obat yang satu ini mempunyai daun yang memanjang serta runcing pada bagian ujungnya dan bunganya berwarna putih. Bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk luka. Anda hanya cukup menumbuk atau menghaluskan daun ini lalu kemudian mengoleskan pada bagian luka yang sakit.

 

22.Daun Bunga Santan

 

Tanaman obat bunga santan ini biasa ditemukan pekarangan atau kebun. Tanaman ini biasanya merambat pada pagar dan bunganya berwarna ungu. Khasiat dari tanaman ini bisa mengobati jerawat, bisul dan sakit mata.

 

23.Daun Duduk

 

Tanaman obat yang satu ini tumbuh perdu di pekarangan atau kebun. Tumbuh menjalar di pagar, daunnya runcing pada ujungnya dan berbentuk lonjong. Tanaman ini biasanya berwarna hijau tua atau lonjong. Tanaman obat ini berkhasiat untuk mengobati sakit encok dan wasir.

 

24.Kumis Kucing

 

Mungkin tanaman yang satu ini sudah tak asing lagi bagi kita. Tanaman obat ini banyak kita temukan di sekeliling kita. Kumis kucing berkhasiat untuk mengobati sakit kencing batu, rematik, batuk, diabetes dan masuk angin.

 

25.Daun Dewa

 

Orang jawa biasa menyebut tanaman obat ini dengan sebutan daun sambung nyowo. Seperti namanya yang artinya penyambung nyawa, tanaman ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, antar lain wasir, kanker, tekanan darah tinggi, bahkan daun ini bisa mentralisir racun dan mengobati luka. 

 

Caranya mudah, tinggal menumbuk kemudian membalurkan pada luka yang sakit.

 

26.Ajeran

 

Mungkin kita jarang mendengar tanaman obat ini. Tanaman ini biasa tumbuh liar di pekarangan atau kebun. Tanaman obat ini bisa menurunkan demam. Anda hanya cukup merebus daunnya kemudian meminum airnya.


bersambung……)


deha

Sumber : dari berbagai referensi tanaman obat herbal.

Nama

BERITA,1485,FEATURE,276,HEADLINE,1815,MISTERI,10,OPINI,25,PROFILE,15,RAGAM,7,
ltr
item
kamangkaranews: Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya (Bagian Kedua)
Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya (Bagian Kedua)
https://1.bp.blogspot.com/-hv15iasu9wc/X65qax2v0uI/AAAAAAAAGyI/s_EG0hYX-swp64gARqJQI_IWwUJCYVVDwCLcBGAsYHQ/s320/Tanaman%2Bobat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-hv15iasu9wc/X65qax2v0uI/AAAAAAAAGyI/s_EG0hYX-swp64gARqJQI_IWwUJCYVVDwCLcBGAsYHQ/s72-c/Tanaman%2Bobat.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2020/11/mengenal-40-jenis-tanaman-obat-keluarga_13.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2020/11/mengenal-40-jenis-tanaman-obat-keluarga_13.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content