Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya (Bagian Pertama)

Tanaman obat keluarga atau kita biasa mengenalnya dengan sebutan TOGA adalah tanaman yang berfungsi sebagai obat yang biasanya ditanam di ...



Tanaman obat keluarga atau kita biasa mengenalnya dengan sebutan TOGA adalah tanaman yang berfungsi sebagai obat yang biasanya ditanam di pekarangan atau halaman rumah. 

 

Tanaman ini biasanya dimanfaatkan oleh orang – orang sebagai obat tradisional. Selain harganya yang murah, tanaman obat ini juga tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita.

 

Berbeda dengan obat – obatan kimia yang terkadang menimbulkan efek samping bagi kesehatan, bahkan tak jarang obat – obatan kimia ini malah bisa menimbulkan penyakit atau bahkan bisa sampai menyebabkan kematian. 

 

Pemakaian tanaman obat ini sudah mulai dilakukan oleh nenek moyang kita sejak ratusan tahun silam. Kita tahu bahwa zaman dahulu masih belum ada obat – obatan kimia seperti pada zaman sekarang ini.

 

Dahulu ketika orang sakit, mereka menggunakan tanaman obat. Dan hal ini terbukti bahwa umur orang pada zaman dahulu jauh lebih panjang dari umur orang di zaman sekarang ini. 

 

1. Seledri

 

Siapa yang tak tahu tanaman yang satu ini. Orang biasanya mengenal tanaman yang satu ini sebagai penyedap masakan. Tapi jangan salah, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat alami. 

 

Seledri mengandung berbagai macam vitamin, antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin B, mineral, kalium, dan juga zat besi.

 

Seledri diperkaya berkhasiat sebagai penambah nafsu makan. Selain itu tanaman ini berkhasiat sebagai obat dari penyakit darah tinggi, mencegah penyakit kanker, dan dijadikan sebagai obat penenang syaraf atau menghilangkan stress. 

 

Selain itu seledri juga bisa dijadikan sebagai perawatan wajah. Karena seledri ini bisa mencegah kerutan pada wajah. Caranya cukup mudah, anda cukup  menghaluskan seledri dengan sedikit air, kemudian membalurkan pada wajah anda.

 

2. Belimbing wuluh

 

Tanaman yang satu ini berbeda dengan belimbing yang kita makan biasanya. Bentuknya lebih kecil dan bergerombol banyak. Belimbing wuluh ini selain bisa dipakai sebagai sayur, juga mempunyai khasiat untk beberapa penyakit. Antara lain untuk obat penyakit diabetes, sakit gigi, sariawan. 

 

Belimbing wuluh juga ampuh untuk menyembuhkan asma dan batuk, serta bisa mengencerkan dahak. Selain itu, belombing wuluh ini bisa digunakan untuk mengobati jerawat.

 

3. Bayam Duri

 

Biasanya tumbuh liar di pekarangan. Tanaman obat yang satu ini berbeda dengan bayam yang kita masak biasanya. Tanaman ini memiliki banyak duri di batangnya. 

 

Hal inilah yang membuat orang menganggap tanaman ini tidak berfungsi apapun. Tanaman obat ini berfungsi sebagai penawar racun dari bisa ular. 

 

Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pelancar keluarnya ASI dan dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit bisul dan kutil. 

 

Untuk memperlancar ASI anda cukup menghaluskan beberapa helai daun bayam duri dan sedikit air, kemudian balurkan disekitar payudara anda.

 

4. Kangkung

 

Orang mengenal kangkung sebagai sayuran, namun jangan salah, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat. Tanaman obat yang satu ini berkhasiat sebagai obat dari sariawan dan gusin berdarah, karena tanaman ini banyak mengandung vitamin C. 

 

5. Daun Pacar Cina

 

Tanaman ini biasa tumbuh liar di pekarangan rumah atau kebun. Tanaman ini banyak terdapat di pulau Jawa. Bermanfaat untuk obat batuk, bisul ataupun perut kembung. Daun pacar cina yang dikeringkan bisa juga digunakan untuk menambah aroma teh.

 

6. Lidah Buaya

 

Obat yang satu ini biasanya di tanam orang di pekarangan. Berkhasiat untuk kesehatan rambut, anda cukup mengoleskan lidah buaya ini ke rambut anda, untuk mendapatkan rambut yang lebat. 

 

Selain itu lidah buaya juga bisa untuk mengobati jerawat, diabetes, sembelit, radang tenggorokan dan beberapa penyakit lainnya.

 

7. Temu Lawak

 

Temu lawak merupakan salah satu rempah – rempah yang tumbuh di Indonesia. Temu lawak berkhasiat untuk menyembuhkan  berbagai macam penyakit, contohnya sebagai obat masuk angin, memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan hati, mengatasi penyakit ginjal dan beberapa penyakit lainnya.

 

8. Daun Beluntas

 

Tanaman ini biasanya juga dimanfaatkan orang sebagai sayur. Namun ternyata tanaman ini juga bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit, antara lain pegal linu, rematik, nyeri pinggang, keputihan, perut kembung serta dapat menurunkan panas. 

 

Daun beluntas juga ampuh untuk mengatasi bau badan. Anda cukup mengkonsumsi daun beluntas secara rutin, maka anada akan terbebas dari bau badan.

 

9. Sambiloto

 

Tanaman ini biasanya dimanfaatkan orang untuk obat penurun panas, sakit perut, perut kembung. Tanaman ini juga dipercyaa bisa mnyembuhkan kencing manis dan diabetes. Anda cukup merebus daun sambiloto ini kemudia meminumnya untuk mengobati penyakit diabetes.

 

10.Daun Cincau

 

Daun ini biasanya dimanfaatkan orang untuk bahan baku membuat cincau. Ada dua jenis. Daun cincau hitam dan cincau hijau. Selain enak dimakan ternyata daun ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit diabetes, demam, dan tipes.

 

11.Akar Alang – Alang

 

Biasanya tumbuh di pekarangan atau dikebun. Petani menganggap tanaman sebagai gulma di tanaman mereka. Namun jangan salah, ternyata tanaman ini juga ampuh menyembuhkan penyakit keputihan, panas dalam, dan kencing batu.

 

12.Alpukat

 

Siapa yang tak mengenal buah yang satu ini. Selain rasa buahnya yang lezat alpukat juga mengandung banyak vitamin. Alpukat ternyata mempunyai banyak keampuhan, seperti dapat mencegah kanker, obt dari penyakit diabetes, serta dapat menurunkan kolestrol.

 

13.Daun Tempuyung

 

Tanaman ini biasa tumbuh di alam liar. Kini, tanaman obat yang satu ini sudah digunakan pabrik – pabrik besar sebagai bahan dasar obat. 

 

Daun tempuyung memang terasa pahit, namun mempunyai banyak manfaat. Manfaat dari daun tempuyung ini, antara lain sebagai obat dari bisul, kencing batu,  asam urat, wasir dan juga darah tinggi.

(bersambung……)


deha

Sumber : dari berbagai referensi tanaman obat herbal.

Nama

BERITA,1439,FEATURE,259,HEADLINE,1749,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,6,
ltr
item
kamangkaranews: Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya (Bagian Pertama)
Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya (Bagian Pertama)
https://1.bp.blogspot.com/-QbEOzjJBhjw/X6fsacjb91I/AAAAAAAAGvQ/BYP89iD7f4wL8613-BBWnxLb8J2uL3lsQCLcBGAsYHQ/w400-h295/Tanaman%2Bobat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-QbEOzjJBhjw/X6fsacjb91I/AAAAAAAAGvQ/BYP89iD7f4wL8613-BBWnxLb8J2uL3lsQCLcBGAsYHQ/s72-w400-c-h295/Tanaman%2Bobat.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2020/11/mengenal-40-jenis-tanaman-obat-keluarga.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2020/11/mengenal-40-jenis-tanaman-obat-keluarga.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content