Siapakah Sebenarnya Eyang Dalem Cibinuang ?

BAGI masyarakat Desa Cibinuang dan Citangtu, Kecamatan Kuningan, tentu sudah tidak asing lagi mendengar makam Eyang Dalem Cibinuan...





BAGI masyarakat Desa Cibinuang dan Citangtu, Kecamatan Kuningan, tentu sudah tidak asing lagi mendengar makam Eyang Dalem Cibinuang yang terletak di Lingkungan Cikopo, Desa Cibinuang.

Namun hingga saat ini tidak ada satupun orang yang mengetahui siapa nama asli Eyang Dalem Cibinuang karena memang sangat dirahasiakan, termasuk oleh para muridnya tidak mau membocorkan rahasia nama sebenarnya.

Pantauan media ini Rabu (19/6/2019), lokasi makam berjarak sekitar 100 meter dari jalan desa yang menghubungkan Cibinuang – Citangtu.

Memasuki area makam hanya bisa menggunakan sepeda motor atau jalan kaki karena masuk gang selebar dua meter. Terdapat dua makam yang dikelilingi batu kecil, satunya merupakan makam istrinya. Tidak ada batu nisan yang biasanya bertuliskan nama.

Makam tersebut berada di bawah pohon bunut besar yang sudah tumbang. Terdapat rimbunan pohon bambu dan pepohonan lainnya, sehingga suasananya begitu asri dan udaranya yang sejuk.      

Informasi yang dihimpun dari masyarakat setempat, Makid Perwata didampingi kuncen makam, Udin Hasanuddin, kepada media ini menuturkan, konon menurut cerita orang tua atau para pendahulu, bahwa Eyang Dalem Cibinuang merupakan seorang ulama besar yang menyebarkan Agama Islam di tatar Kuningan.

“Eyang Dalem Cibinuang masih keturunan Raja Galuh dan menyebarkan Agama Islam di Kuningan diperkirakan 500 tahun lalu pada masa kepemimpinan Pangeran Arya Adipati Kuningan tahun 1498 Masehi,” katanya.

Mengapa nama aslinya hingga kini masih dirahasiakan ?, Makid menjelaskan karena Eyang Dalem Cibinuang merupakan ulama besar, sakti mandraguna yang tidak mau kesohor, lemah lembut  dan berpura-pura seorang yang bodoh.

“Beliau mampu merubah umat di Kuningan yang semula memeluk berbagai macam keyakinan menjadi umat yang benar-benar beriman hanya kepada ALLAH SWT,” katanya.

Sehingga murid-muridnya tunduk, patuh dan taat kepada semua perintahnya, begitu pula merahasiakan nama Eyang Dalem Cibinuang.

“Maka dari itu saya mohon kepada semua pihak jangan coba-coba mengira-ngira namanya A atau B. Sebut saja Eyang Dalem Cibinuang,” pinta Makid.

Untuk menghormati jasanya, setiap tanggal 15 Bulan Rewah atau sebelum Bulan Ramadhan, makam itu selalu dikunjungi ratusan peziarah yang datang mendoakan Eyang Dalem Cibinuang sebagai ungkapan terima kasih telah menyebarkan Agama Islam. Prosesi berdoa dipimpin Imam Masjid setempat.

Peziarah bukan hanya masyarakat Kabupaten Kuningan saja namun dari berbagai daerah hingga luar Provinsi Jabar. Bahkan sebelum Pilkada 2018, Bupati Kuningan, Acep Purnama, pernah berziarah kesini dan merealisasikan proposal pembangunan tempat berteduh para peziarah, meskipun belum sesuai harapan.  

Ia pernah menelusuri sejarah Eyang Dalem Cibinuang ke Kantor Arsip Kabupaten Kuningan, ternyata tidak terinventarisir.  Namun yang tercatat adalah tokoh-tokoh yang berada di kota, sedangkan di pelosok desa tidak ada.

Lebih lanjut dijelaskan, kenapa ada di Cikopo ? karena Cikopo itu sebuah tempat atau pemukiman yang menjadi asal muasal adanya Cibinuang.   

“Orang yang mengetahui sejarah Eyang Dalem Cibinuang adalah Habib Luthfi bin Yahya dari Pekalongan,” katanya mengakhiri perbincangan.

deha--


Nama

BERITA,1483,FEATURE,276,HEADLINE,1813,MISTERI,10,OPINI,25,PROFILE,15,RAGAM,7,
ltr
item
kamangkaranews: Siapakah Sebenarnya Eyang Dalem Cibinuang ?
Siapakah Sebenarnya Eyang Dalem Cibinuang ?
https://1.bp.blogspot.com/-nN7nhPFMPo0/XQoPrJzWd5I/AAAAAAAACEQ/clXVhN0SvaUekZZtRSYmLTcnAfuuQWmaACEwYBhgL/s1600/Makam%2B3.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nN7nhPFMPo0/XQoPrJzWd5I/AAAAAAAACEQ/clXVhN0SvaUekZZtRSYmLTcnAfuuQWmaACEwYBhgL/s72-c/Makam%2B3.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2019/06/siapakah-sebenarnya-eyang-dalem_19.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2019/06/siapakah-sebenarnya-eyang-dalem_19.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content